Technology Trends

Selama Lebaran, Lonjakan Trafik Data Smartfren Sebesar 160,74%

Selama Lebaran, Lonjakan Trafik Data Smartfren Sebesar 160,74%

Selama hari raya Idul Fitri tahun 2016, PT Smartfren Telecom Tbk mencatat peningkatan trafik data sebesar 160,74% jika dibandingkan dengan hari raya Idul Fitri di tahun 2015. Peningkatan terbesar terjadi di Jabodetabek dan Jawa Timur. Meski demikian, di tahun 2016 ini terjadi penurunan trafik untuk voice serta SMS masing masing sebesar -40,55% untuk voice serta -22,47% untuk SMS. Sementara itu untuk trafik VoLTE, mengalami peningkatan trafik video call sebesar 37,72% dibandingkan dengan hari biasa, sementara voice call melalui teknologi VoLTE mengalami penurunan sebesar -17,44%.

smartfren

“Trafik voice dan SMS memang mengalami penurunan karena masyarakat lebih memanfaatkan sarana social messenger seperti Line, BBM, serta Whatsapp untuk mengirimkan ucapan lebaran. Namun, kami juga melihat ada tren baru dalam berkomunikasi yaitu menggunakan video call dibandingkan voice call, terlihat dari adanya peningkatan trafik VoLTE. Tentunya kami sangat senang, karena teknologi yang kami sediakan ini dapat membantu mereka yang terpisah jarak untuk tetap bersilaturahmi dan bertatap muka menggunakan video call,” ujar Merza Fachys, Presiden Direktur Smartfren.

Selama bulan Ramadhan untuk memastikan pelanggan mendapatkan komunikasi yang prima, dilakukan monitoring dan penanganan gangguan selama 24 jam mulai dari H-14 hingga H+14 Idul Fitri. Smartfren juga melakukan back-up sistem di wilayah yang diprediksi memiliki trafik tinggi seperti di stasiun, dengan menyediakan 265 unit BTS baik fixed & temporary di sepanjang jalur mudik, dan 176 unit BTS di kota kota yang memiliki trafik tinggi.

Dengan demikian, di lokasi dengan kemacetan lalu lintas yang tinggi seperti disepanjang tol Pejagan – Brebes Timur, kota Tegal hingga ke kota Pekalongan pelanggan smartfren masih dapat memanfaatkan layanan data, voice dan SMS dengan baik tanpa hambatan/ gangguan yang berarti.

Langkah Smartfren mendapatkan apresiasi yang tinggi dari pelanggan. Hal ini didukung data dari tim network Smartfren, yang menunjukkan penggunaan data yang signifikan oleh pelanggan, untuk menikmati hiburan baik streaming video, chat, browsing dan media sosial selama mereka mudik. Hal ini sejalan kampanye #4GinAja dari Smartfren yang bertujuan untuk mendorong pemanfaatan teknologi 4G LTE Advanced bagi para pelanggan. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved