Semangat di Balik Penciptaan Aplikasi CARInih | SWA.co.id

Semangat di Balik Penciptaan Aplikasi CARInih

Founder CARInih Leny Tan. (Dok SWA)

UMKM adalah salah satu pilar ekonomi Indonesia. Saat ini, UMKM masih banyak yang operasionalnya menggunakan cara-cara konvensional. Melihat hal ini, Tan Leny Yonathan bersama teman-temannya membuat aplikasi CARInih untuk membantu UMKM agar cepat naik kelas menjadi lebih berkembang. 

CARInih adalah aplikasi multikanal penyedia solusi bagi UMKM baik pengiriman, pembayaran dan lainnya. CARInih dimulai dari bootstrapping dan kini dinakhodai oleh Tan. Platform ini memiliki misi membantu mempercepat penetrasi dan transformasi digital di sektor UMKM Indonesia. 

“Berlandaskan semangat nyatakan saling bantu, sejak awal kami berdiri, kami menjalankan semua proses secara manual dan hingga saat ini telah berhasil merangkul ratusan UMKM lokal serta ribuan pelanggan. Berbekal pengalaman menjalankan semua proses manual tersebut, kami memahami apa yang menjadi pain points-nya, mempelajari setiap masukan langsung dari UMKM, hingga akhirnya Aplikasi CARInih hadir pada Februari 2022, dengan harapan aplikasi CARInih dapat menjadi solusi bagi kebutuhan UMKM,” ujar Leny.

Menurut Leny, CARInih secara aktif menjangkau lebih banyak UMKM di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk percepatan penetrasi dan transformasi digital UMKM untuk lebih meningkatkan usahanya melalui pengoptimalan teknologi. Salah satu strategi yang dilakukan untuk mencapai misi tersebut yaitu menciptakan ekosistem yang kuat. 

“CARInih terus mengembangkan kolaborasi dengan berbagai partner ekosistem. Karena kami yakin kekuatan kolaborasi terutama merupakan kunci penting untuk kesuksesan kita bersama dalam mendukung pertumbuhan digital ekonomi Indonesia terutama dari UMKM,” katanya saat berkunjung ke kantor SWA Online, Senin (30/1/2023). 

Sejak diluncurkan pada 22 Februari 2022, saat ini puluhan partner ekosistem telah bergabung di aplikasi CARInih antara lain partner logistik atau kurir, pembayaran, pembiayaan, berita, filantropi. Lany mengatakan jumlah partner masih akan terus bertambah. Aplikasi CARInih terus dilengkapi dengan berbagai fitur untuk UMKM mengelola usahanya baik offline, online, dan lintas platform. 

Berbagai fitur CARInih yang sudah bisa dinikmati adalah mesin kasir yakni fitur yang dapat dipakai untuk membantu pencatatan transaksi lebih rapi dan terintegrasi dengan berbagai akses pembayaran dan pengiriman. Lalu toko online, dengan fitur ini, UMKM bisa mencoba berjualan online dan UMKM lainnya bisa saling mendukung dalam semangat ‘merchant support merchant’ yang dapat membuat terciptanya rantai di antara UMKM.

Selain itu ada fitur omnichannel, di mana pelaku usaha bisa mengelola produk, inventory atau stok, pencatatan, hingga pengelolaan order yang terintegrasi dari toko dimilikinya di GrabFood maupun aplikasi lain yang sudah terhubung dengan CARInih. Blibli partner afiliasi pertama berbentuk platform omnichannel commerce. Semua bisa dilakukan melalui satu aplikasi terintegrasi di CARInih.

Fitur selanjutnya adalah CARIkurir di mana pengguna aplikasi CARInih dapat mengelola kegiatan pengiriman dimulai dari pilih kurir, order kurir, bayar ongkos kirim, pantau pengiriman, dan laporan pengiriman hanya dalam satu aplikasi CARInih. Saat ini partner ekosistem untuk logistik yaitu Paxel Indonesia, GrabExpress, Anteraja, SiCepat, Lalamove dan Ninja Express.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)