Semester I 2016, Viva Catatkan Peningkatan Kinerja Signifikan

PT Visi Media Asia Tbk., induk perusahaan PT Intermedia Capital Tbk (MDIA), ANTV, TV One dan Viva.co.id memperoleh TV share rata-rata 13.4 pada semester I tahun 2016, atau naik dibandingkan periode yang sama tahun 2015 yang mencapai peringkat keempat dengan TV share rata-rata 11.5. TV One berhasil meluncurkan program acara olahraga beladiri yang mewadahi atlet beladiri terbaik di Indonesia. Viva.co.id sukses meluncurkan aplikasi mobile versi terbaru, dengan fitur serta fungsi yang mengutamakan konten video.

VIVA

Sepanjang semester I 2016, perusahaan yang memiliki kode saham Viva ini, mencatat pendapatan sebesar Rp 1.219 triliun atau tumbuh 9,6%, dimana pertumbuhan tersebut didukung oleh pendapatan ANTV yang mencapai Rp 858 miliar atau tumbuh 14,6% YoY. Pertumbuhan pendapatan Viva di semester tersebut jauh lebih besar dari pertumbuhan industri yang diperkirakan hanya sebesar 3,8% YoY.

Selain itu, Viva juga berhasil meningkatkan EBITDA mencapai Rp 409 miliar atau tumbuh 13,9% YoY. “Dengan peningkatan EBITDA tersebut, maka marjin EBITDA juga mengalami peningkatan menjadi 33,5% dibandingkan pencapaian semester 1 2015 yang mencapai 32,3%. Kami menargetkan untuk terus meningkatkan marjin EBITDA sehingga setara dengan rata-rata industri,” ujar Anindya N. Bakrie, Presiden Direktur Viva.

Peningkatan kinerja Viva grup tidak lepas dari kinerja operasional anak perusahaan MDIA yaitu ANTV yang berhasil menduduki peringkat dua dari sisi TV share selama periode semester I 2016 dan sejak bulan Maret s membukukan rekor pendapatan pada setiap bulannya. Pada bulan Juni 2016 pendapatan MDIA menembus Rp 191 miliar atau meningkat lebih dari 50% dari pendapatan bulan Juni 2015.

Berdasarkan Nielsen Media Research, ANTV berhasil meraih TV share rata-rata 13.4 selama periode semester 1 2016 dan menempati posisi pertama di day-part 14:00 -18:00 dengan TV Share 23,.4. Beberapa program unggulan ANTV menempati posisi pertama di jam tayangnya, seperti Uttaran yang meraih TV share 25,6, Anandhi yang meraih TV share 18,6, Veera dengan 17,1 share dan Kaali & Gauri dengan 16,5 share.

Sedangkan tvOne meluncurkan program olahraga beladiri bernama One Pride. Para atlet beladiri terbaik di Indonesia mendapat kesempatan untuk menunjukan bakat dan keahliannya di arena One Pride yang disiarkan secara nasional. Selain itu program acara Apa Kabar Indonesia meraih TV Share 12,8, lalu 7 tahun Milad Damai Indonesiaku dengan share 9,3 dan Indonesia Lawyers Club dengan TV share 5,9.

Terakhir, Viva.co.id selama semester 1 2016 meraih peningkatan pengunjung portal sebesar lebih dari satu juta dibanding periode yang sama di tahun 2015 dengan jumlah unique visitors mencapai 18,5 juta dan 201 juta pageviews. Selain itu, pun meluncurkan aplikasi mobile versi terbaru dengan platform sistem Android pada 7 Juni dan iOs pada 1 Juli 2016, dengan fitur serta fungsi yang mengutamakan konten video. Fitur tersebut dilengkapi dengan layanan VOD (Video on Demand), siaran langsung dari stasiun tvOne, siaran langsung Pesbukers-ANTV, serta layanan “push notification” untuk seluruh konten dan video dari grup Viva.

Perubahan aplikasi tersebut dimaksudkan untuk menjangkau pengguna smartphone yang semakin membutuhkan konten video. Saat ini aplikasi tersebut sudah mencatat jumlah pengguna sebanyak 75 ribu, dan ditargetkan mencapai 1 juta pada akhir tahun 2016. “Kami sedang meningkatkan sinergi antara stasiun TV kami dan platform digital, untuk pengembangan teknologi agar pemirsa dapat berinteraksi langsung dengan program acara televisi melalui aplikasi mobile. Dengan adanya pengembangan ini, kami akan meningkatkan peluang lebih besar untuk para pengiklan,” ungkap David E. Burke, Direktur Operasional Viva. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)