Sinarmas Land, Visioner VMware di Indonesia

VMware Inc., perusahaan global dalam virtualisasi dan infrastruktur awan, mengumumkan telah memberikan penghargaan kepada Sinarmas Land sebagai Visioner Vmware. Head of IT Sinarmas Land, Irvan Yasni membagi cerita bagaimana perusahaan telah berhasil menggunakan solusi virtualisasi VMware untuk meningkatkan efisiensi dan skalabilitas TI di seluruh organisasi.

Andreas Kagawa, Country Manager VMware Indonesia

"Sinarmas Land adalah contoh yang bagus dari sebuah perusahaan yang tidak hanya secara efektif memvirtualisasikan infrastruktur data centernya untuk secara signifikan mengurangi biaya, tetapi juga telah mengambil langkah pelopor untuk mengadopsi virtualisasi desktop untuk merealisasikan penghematan dan return di seluruh organisasinya," kata Andreas Kagawa, Country Manager VMware Indonesia.

Untuk mencapai rencana pertumbuhan Sinarmas Land, perusahaan membutuhkan infrastruktur yang fleksibel dan dinamis yang dapat memenuhi dan mendukung rencana ekspansi bisnis dan pertumbuhan. Perusahaan juga mencari infrastruktur dan sistem yang kuat yang bisa memberikan kontrol keamanan informasi yang lebih baik, sementara menjaga biaya yang rendah dan memaksimalkan return dari infrastruktur barunya.

Hal ini membawa perusahaan untuk menjalankan sekitar 90 aplikasi business-critical dan database pada VMware vSphere, dan memilih VMware Horizon View over Citrix XenDesktop untuk virtualisasi desktop.

"Tim IT kami melakukan evaluasi dan mendapatkan bahwa VMware Horizon View lebih murah daripada kompetitor, dan kompetitif dalam hal biaya untuk konsumsi sumber daya server, bandwidth, dan client operation. Yang krusial, pengguna akan mengalami kinerja yang sama dari aplikasi yang diakses melalui desktop virtual seperti yang mereka alami dengan komputer pribadinya sehingga meminimalkan resistensi pengguna untuk proyek virtualisasi desktop," kata Yasni.

Implementasi virtualisasi Sinarmas Land juga didukung oleh mitra VMware termasuk Cisco, Dimensi Data Indonesia, dan Packet Systems Indonesia.

Melalui virtualisasi datacenter, Sinarmas Land telah berhasil melakukan migrasi aplikasi SAP ke VMware vSphere. Bahkan, kinerja modul SAP Human Capital Management meningkat sebesar 30 persen, sedangkan biaya operasi sistem infrastruktur SAP telah menurun sebesar 33 persen. Perusahaan sekarang juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja aplikasi bisnis lainnya, dan menambah lebih banyak aplikasi ke VMware vSphere, tanpa kekhawatiran tentang ketersediaan sumber daya dalam jangka pendek.

Selain itu, dengan memusatkan lingkungan desktopnya memungkinkan Sinarmas Land dengan cepat menambahkan dan mengintegrasikan karyawan baru ke dalam infrastrukturnya seiring pertumbuhan perusahaan, dan mengatur kembali staf yang diperlukan untuk mendukung jajaran dekstop ke peran lain seperti network engineering.

Dari perspektif manajemen biaya, total biaya kepemilikan (total cost of ownership/TCO) dari lingkungan desktop Sinarmas Land telah menurun, dan perusahaan kini mampu mengelola persediaan lisensi dan perangkat lunak dengan lebih efektif --- sehingga menghindari risiko penggunaan produk tidak berlisensi atau bajakan.

Manfaat lain dari infrastruktur desktop virtual adalah TI Sinarmas Land telah berhasil meminimalkan ancaman malware dan virus ke jaringan perusahaan, serta kemungkinan bocornya informasi sensitif perusahaan.

"Ketika Anda menyertakan support, TCO dari virtual desktop hanya beberapa ratus dolar Amerika Serikat sedikit lebih rendah dari desktop fisik," kata Yasni. "Jika Anda kalikan ini dengan ribuan desktop, penghematan secara keseluruhan bisa sangat besar.” (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)