Smart Panels Schneider Dapat Dioperasikan Melalui Gadget

Tingginya pemakaian listrik pada sektor bangunan, memicu Schneider Electric mengeluarkan Smart Panels, sebagai solusi untuk mencapai efisiensi dalam pemakaian dan pengelolaan energi. Smart Panels ini mendorong penghematan energi secara berkelanjutan pada sektor bangunan seperti perkantoran, bangunan komersial, hotel dan lainnya. Smart Panels ini terbaru ini disertai dengan fitur connect yang membuat pengoperasian panel dapat dilakukan melalui komputer dan gadget pengguna.

Smart Panels Schneider
“Sebagai solusi untuk berbagai kendala dan tantangan dalam oengelolaan energi di dalam gedung atau banginan, kami hadirkan Smart Panels, inovasi terintegrasi yang mampu memberikan manfaat efisiensi energi di dalam gedung secara maksimal melalui tiga langkah mudah: pengukuran atau measure, penghubungan atau connect, dan penyimpanan data atau save,” ucap Riyanto Mashan, Country President Schneider Electric Indonesia.

Smart Panels ini menawarkan fitur pengukuran atau measure yang dapat memberikan informasi jumlah pemakaian energi dan biaya yang dikenakan atas pemakaian energi tersebut. Smart Panels ini juga dilengkapi dengan teknologi switchboard tegangan rendah yang membuat panel ini dapat mengukur, mengontrol dan mengomunikasikan pemakaian energi. Hal ini menambahkan kelebihan produk ini karena dapat mengeliminasi kesalahan yang sering terjadi pada pengumpulan data yang dilakukan secara tradisional.

Fitur lain yang menjadi kelebihan produk ini yaitu adanya penghubungan atau connect. Fitur ini membuat Smart Panels terlihat dalam tampilan yang sederhana dan mudah di install. Pengguna cukup menginstall Network Explorer pada komputer atau tab pengguna, karena panel ini emnggunakan Ethernet dan interface Modfus pada sistem komunikasi yang dinamakan Enerlin'X. Langkah ini memungkinkan pengawasan atas penggunaan energi, jaringan dan juga seluruh aset yang terlibat dalam jaringan.

Fitur penyimanan atau save membuat Smart Panels memiliki kemampuan untuk memonitor dan mengontrol energi langsung di lokasi secara real time. Hal ini dapat dilakukan secara online karena merupakan bentuk solusi software as a service (SaaS) berbasis cloud yang memungkinakan penggunanya untuk mengakses laporannya secar rinci darimanapun dan kapanpun untuk mengambil tindakan penghematan energi dengan cepat berdasarkan informasi yang akurat.

Peluncuran produk ini berlandaskan pada tingginya pemakaian listrik, yang 40% penggunaannya ada pada sektor bangunan. Produk ini merupakan salah satu bentuk solusi dari Schneider Electric terkait peraturan pemerintah terkait kenaikan tarif dasar listrik yang diberlakukan setiap dua bulan hingga akhir tahun 2014.

“Seperti diketahui, berdasarkan Peraturan Menteri ESDM RI Nomor 19/2014, di Indonesia tengah terjadi kenaikan tarif daftar listrik yang diberlakukan setiap dua bulan hingga akhir tahun nanti. Di tengah tantangan ini, sangat diperlukan inovasi yang mampu menunjang efisiensi energi, terutama untuk diimplementasi pada sektor gedung atau bangunan – yang ternyata mengonsumsi 40% dari keseluruhan pemakaian energi di sebagian besar negara-negara di sunia, termasuk di Indonesia,” tutup Riyanto.(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)