Solusi Belajar Digital 360 Degree dari Extramarks

PT Extramarks Indonesia (Extramarks) berkomitmen untuk mendorong transformasi pendidikan dalam upaya mendukung kesiapan Indonesia dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.  Sebagai perusahaan pendidikan digital yang menyediakan solusi belajar digital 360 degree, Extramarks sudah menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia dan berbahasa Indonesia.

Untuk mendukung pemerintah yang sedang gencar mendorong inisiatif Making Indonesia 4.0, Extramarks berkomitmen untuk mendorong transformasi pendidikan dengan menghadirkan solusi belajar digital yang telah disesuaikan dengan karakter siswa, dengan pendekatan Learn, Practice dan Test yang bertujuan untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, mudah, dan menyenangkan.

“Kami yakin untuk mencetak tenaga kerja yang siap pakai itu tidak dapat dilakukan seperti membalikkan tangan, perlu sebuah proses yang cukup panjang dari umur sedini mungkin. Dari tingkat pendidikan sekolah dasar hingga perguruan tinggi,” ujar Fernando Uffle, Country Manager Extramarks Indonesia di Gedung Kementcrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Jakarta (18/07/2018).

Solusi Belajar Digital 360 degree berbasis edutech yang ditawarkan Extramarks ini proses belajar mengajar sudah terintegrasi satu sama lain, baik dari siswa, guru, sekolah, orang tua dan stake holder lainnya. Semua memiliki peran dalam menoetak siswa yang berkualitas dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan era Revolusi Industri 4.0 sehingga membuat ekosistem digital yang terpadu.

Untuk sekolah, aplikasi yang diperkenalkan dalam ekosistem tersebut mencakup Sistem Manajemen Sekolah, Sistem Manajemen Pembelajaran, dan Solusi Pembelajaran Digital untuk digunakan di ruang kelas.  Sekolah akan terhubung ke aplikasi yang dapat digunakan oleh orang tua untuk melacak, memantau dan mengevaluasi perkembangan anak-anaknya hanya dalam satu klik saja. Informasi dari sekolah tersebut dapat diterima oleh orang tua dalam bentuk informasi, notitikasi, dan hasil harian.

Untuk siswa, aplikasi ini dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas maupun saat di luar sekolah karena akan selalu menghubungkan siswa dengan sekolah mereka setiap saat. Semua solusi yang ditawarkan tersebut dapat diakses oleh siswa melalui komputer atau tablet masing-masing yang sudah dilengkapi dengan Extramarks Learning Solutions.

Konten-konten pembelajaran yang terdapat dalam Extramarks Learning Solution ini sudah berbasiskan teknologi digital dan menyesuaikan dengan karakter para siswa disingkat V.A.K  (visual, audio, dan kinasthetic). Maka itu, setiap elemen dalam konten pembelajaran tersebut dilengkapi dengan teks, gambar ataupun video. Pesena didik pun dapat menyentuh model, memperbesar atau mem utarnya untuk tampilan yang sempuma. Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang demen tertentu, siswa dapat memperolehnya hanya dengan mengkliknya.

Konten yang di gunakan juga sudah disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. “Harapannya, para siswa bisa melalui proses belajar dengan senang karena konten yang digunaka sesuai dengan karaktenya. Jadi diharapkan, proses belajar menjadi lebih menarik, mudah dan menyenangkan yang akhinya bisa meningkatkan nilai pada saat ujian," ujar Uffie

Dalam peluncuran pertamanya ini, Extramarks menggandeng Advan sebagai penyedia perangkat. “Advan dan Extramarks memiliki visi dan misi yang sama untuk dapat membantu Indonesia bersiap menghadapi Revolusi Industri 4.0 yang juga akan mengubah cara hidup digital masyarakat Indonesia,” kata Tjandra Lianto Direktur Pemasaran Advan.

Saat ini Extramaks sudah berhasil menggandeng Yayasan Al Azhar Syifa Budi untuk bisa menerapkan solusi belajar digital 360 degree ini di  8 cabang sekolah mereka untuk tahun ajaran 2018/2019. Ke-8 sekolah tersebut ada di bawah yayasan tersebut yang ada di wilayah Jakarta, Cibubur, Bandung dam Bogor

Extramarks juga telah digandeng Bank Mandiri dam Yayasan Pendidikan Astra Michael D Ruslim dalam program Corporate Social Responsibility. Untuk Astra Intenasional, pendidikan merupakan salah satu pilar dalam menggelar setiap program CSR nya. Demikian Juga dengan Bank Mandiri melalui Restorasi Belajar Mandiri berharap mampu menciptakan pemimpin di masa depan yang siap dengan persaingan global

Perusahaan ini pun bersinergi dengan Berkarya Indonesia untuk membudayakan teknologi lewat pendidikan. Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Ilham Habibie sebagai Pendiri Berkarya Indonesia dengan AtuI Kulshrestha, Founder, Chairman and Managing Director of Extramarks di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada 18 Juli 2018 disaksikan oleh Duta Besar India untuk Indonesia. Dalam kesempatan ini Extramarks juga mengundang artis Donna Agnesia sebagai brand ambassador. 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)