Solusi ERP untuk Mendukung Bisnis Anda

Aplikasi korporat yang dikenal dengan istilah ERP (enterprise resources planning) selama ini identik dengan perusahaan berskala menengah-besar. Maklumlah, selain dikenal biaya lisensinya yang sangat mahal, waktu untuk implementasinya pun cukup panjang. Sudah begitu, bisa saja implementasinya gagal lantaran tak sesuai dengan skala dan model bisnis. Tak mengherankan, selama ini ERP dianggap bukan ranahnya usaha kecil-menengah (UKM).

Namun, anggapan bahwa ERP itu tidak cocok untuk perusahaan kecil dan menengah sudah tidak relevan lagi bila melihat perkembangan dunia teknologi informasi (TI) dalam beberapa tahun tarakhir ini. Sebab, banyak juga vendor TI yang membuat atau menyediakan ERP berskala mini yang disesuaikan kebutuhan UKM. Bahkan, perusahaan software besar sekelas SAP pun juga menyediakan solusi ERP bagi kelompok usaha dan menengah ini.

Traditional shoemaker workshop - Image by © Mark Peter Drolet/moodboard/Corbis

Dipercaya oleh lebih dari 50.000 perusahaan di 150 negara, saat ini SAP Business One menawarkan cara yang terjangkau bagi usaha kecil dan yang sedang berkembang untuk mengelola setiap aspek operasi mereka. SAP Business One dirancang khusus untuk perusahaan kecil hingga menengah untuk menyederhanakan manajemen bisnis, mulai dari proses produksi, penjualan, pengiriman produk, pengelolaan inventaris dan pembelian, hingga laporan keuangan. Bahkan, analisa profit and loss dapat dikontrol secara terintegrasi dan real-time.

Tokopedia misalnya, menjadi salah satu contoh start-up yang telah menggunakan SAP Business One untuk menghasilkan laporan mengenai transaksi online mereka. Dalam sebuah kesempatan, Tokopedia mengklaim bahwa kepuasan pelanggan meningkat dengan menggunakan SAP Business One. Dengan ERP SAP, Tokopedia bisa merasakan betul proses pembukuan yang lebih sederhana terhadap jutaan transaksinya.

SAP Business One juga cukup fleksibel karena dapat memberikan solusi tambahan (add-ons) sesuai dengan yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Tokopedia misalnya, dalam hal ini menunjuk PT Anugerah Visi Inti Teknologi sebagai mitra lokal yang kemudian mengembangkan solusi tambahan untuk diintegrasikan ke dalam SAP Business One. Dengan mengintegrasikannya ke dalam sistem bawaan, maka dihasilkan laporan yang akurat mengenai volume dan sifat transaksi.

Tak cuma Tokopedia, PT Eagle Indo Pharma pengelola merek Cap Lang, juga mempercayakan SAP Business One dalam mengelola persediaan monitoring & dukungan penjualannya. Begitu juga dengan Perusahaan garmen ACP yang memilih SAP Business One untuk mengintegrasikan data dari seluruh kantor cabang ACP dan meningkatkan efisiensi operasional sampai 50%.

Informasi lebih lanjut tentang Solusi SAP, silakan klik di sini.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)