Solusi Smart Board untuk Dunia Pendidikan di Era Digital

Kemajuan teknologi di era digital saat ini juga merambah dunia pendidikan. Untuk peralatan papan tulis misalnya, saat ini sudah ada produk modern dengan digitalisasi untuk menunjang kelacaran aktivitas belaja mengajar di industri pendidikan. Menangkap peluang bisnis ini PT EP-TEC Solutions Indonesia sebagai eksklusif distributor untuk produk Smart Board asal Kanada menawarkan solusi untuk menjawab tantangan zaman itu di pasar Indonesia sebagai media utama presentasi dan pembelajaran.

SmartBoard

Smart Board merupakan suatu brand/merek yang sudah dikenal luas oleh masyarakat internasional. Di Indonesia sendiri sudah banyak masyarakat yang sudah mengenal kata Smart Board, terlebih lagi di sektor pendidikan. Namun, masih banyak pihak yang mengira bahwa Smart Boar dalah tipe produk, bukan sebuah merek. “Inilah yang akan kami klarifikasi dari PT EP-TEC Solutions Indonesia sebagai eksklusif distributor untuk produk Smart Board,” kata Presiden Direktur EP-TEC Solutions Indonesia, Andika Pratama.

“Kami bermimpi agar murid-murid di pedalaman Indonesia dapat merasakan pendidikan yang sama seperti yang diterima oleh murid-murid yang berasal dari kota-kota besar,” ujar Andika yang sudah menakhodai perusahaan ini selama dua tahun terakhir.

Dijelaskan Andika, Smart Board mudah digunakan, hanya melalui sentuhan tangan maka kita dapat mengontrol semua aplikasi yang ada di dalam komputer. Cukup dengan menghubungkan kabel USB ke komputer dan kabel VGA/HDMI ke proyektor untuk menampilkan gambar komputer tepat di Smart Board, dan papan tulis pintar ini sudah siap untuk digunakan.

Dengan menggunakan Smart Board, maka tenaga pengajar dapat menjalankan aplikasi apapun langsung dari Smart Board tanpa perlu bolak balik ke meja komputer. Tenaga pengajar dapat membuka, mengedit, menghapus, menyimpan dan mengirim dokumen langsung dari Smart Board itu.

“Saat ini sudah ada versi terbaru Smart Board yang baru saja dirilis,” tambah Andika. Dia menyebut, versi terbaru dari SmartBoard adalah seri 4000 dan 6000. Pada versi terbaru ini Smart Board menggunakan teknologi panel layar datar berbasis LED yang dapat di sentuh langsung dan dilengkapi beberapa teknologi terbaru.

Ada 5 teknologi terbaru Smart Board. Pertama, SilkTouch, teknologi layar sentuh yang paling akurat dan responsif yang pernah ada. Teknologi ini membuat sentuhan jari kita menjadi lebih lancar sehingga meminimalkan kesalahan sentuhan. Kedua, Smart Ink, yang memungkinkan pengguna untuk menulis di atas aplikasi apapun yang terdapat di dalam komputer. Ketiga, PenIQ yang memungkinkan penggunaan dua warna berbeda pada waktu bersamaan tanpa perlu mengubah tatanan di SmartBoard. Keempat, Object Awareness, teknologi ini memungkinkan pengguna untuk dapat menulis dengan pen stylus, menyentuh dengan jari dan menghapus menggunakan telapak tangan tanpa harus menekan tombol apapun. Kelima, Smart Board versi 6000 didukung resolusi gambar Ultra HD Resolution 3840 x 2160 piksel (4K). Sedangkan versi 4000 didukung dengan resolusi gambar Full HD 1920 x 1080

“Dengan Smart Board tipe terbaru ini kami harapkan tenaga pengajar dapat menghasilkan materi pengajaran yang interaktif dan berbasis multimedia agar peserta didik dapat menyerap ilmu pengetahuan secara maksimal,” ungkap Andika.

Meurutnya, teknologi Smart Boar juga dapat membantu program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan yaitu Indonesia Mengajar. Dengan memfokuskan diri untuk pemerataan pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan bagi anak-anak di daerah tertinggal yang mengalami keterbatasan teknologi. (EVA)

.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)