Startup eFishery Galakkan Ekonomi Sirkular dan Konsumsi Ikan

Petani ikan. (Foto : eFishery).

Perusahaan rintisan akuakultur, eFishery, berkolaborasi bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung, komunitas Waste Cycle Indonesia, serta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat, untuk menukar sampah dengan ikan. Kegiatan yang bertajuk Tukar Sampahmu dengan Ikan ini diharapkan menanggulangi masalah tersebut karena sampah plastik yang terkumpul akan didaur ulang sehingga kembali memiliki nilai jual.

Sejak pandemi Covid-19, pembuangan sampah plastik di kota Bandung mengalami peningkatan hingga mencapai 1.300 ton per hari. Kondisi tersebut membuat pemerintah daerah dan masyarakat Kota Bandung mengalami masalah dalam pengolahan dan pengangkutan sampah domestik. Head of Marketing eFishery, Galih Fauzan, menuturkan, kampanye Tukar Sampahmu dengan Ikan dari eFishery ini diharapkan dapat berkontribusi dalam menanggulangi masalah tersebut. “Sampah plastik yang terkumpul akan didaur ulang sehingga kembali memiliki nilai jual,” ujar Galih di Jakarta, Selasa (23/11/2021).

Selain itu, eFishery menggelar Fishtival dengan serangkaian acara yang mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. Selain DLHK Kota Bandung, eFishery juga menyodorokan potongan harga sebesar50% kepada konsumen yang membeli ikan melalui Sayurbox selama periode 23 November hingga 5 Desember 2021. “Kami ingin meningkatkan konsumsi ikan sekaligus menciptakan budaya makan ikan di setiap rumah tangga, untuk itu kami memberikan potongan harga 50% bagi masyarakat yang membeli produk eFisheryFresh melalui Sayurbox,” tutur Galih.

Galih menjabarkan eFishery menginisiasi Fishtival pada 22 November hingga 5 Desember 2021 untuk mendukung program pemerintah mengoptimalkan potensi perikanan budidaya di Indonesia. Kementerian Kelautan dan Perikanan menjelaskan saat ini program yang dijalankan oleh pemerintah untuk mengoptimalkan potensi perikanan budidaya ini meliputi peningkatan produksi komoditas berorientasi ekspor, seperti udang, lobster, kepiting, dan rumput laut, serta membangun kampung-kampung budidaya berbasis kearifan lokal.

Untuk mendukung program pemerintah ini, eFishery menghadirkan inovasi dan layanan yang mendukung peningkatan produktivitas budidaya ikan serta peningkatan kesejahteraan para pembudidaya ikan di Indonesia. Hari Ikan Nasional yang diperingati pada 21 November merupakan momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya ikan sebagai sumber makanan berprotein tinggi.

Guna mendukung program nasional tersebut, eFishery menegaskan rutinitas mengkonsumsi ikan merupakan salah satu bentuk upaya peningkatan kesehatan masyarakat lintas generasi. Selain mengandung protein, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak, Omega-3 yang terkandung dalam ikan juga diketahui mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke pada orang dewasa.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)