Technology Trends

Startup McEasy Kantongi Pendanaan Awal dari East Ventures

Startup McEasy Kantongi Pendanaan Awal dari East Ventures

McEasy, startup penyedia solusi digital berbasis SaaS untuk manajemen dan pelacakan kendaraan logistik mengumumkan putaran pendanaan awal senilai Rp 22 miliar (US$1,5 juta) dari East Ventures. Dana investasi awal ini akan digunakan untuk dua tujuan utama, yakni memperkuat divisi penelitian dan pengembangan McEasy untuk membangun teknologi logistik serta divisi pemasaran dan penjualan.

Co-founder McEasy Raymond Sutjiono dalam keterangan tertulis mengatakan sejak tahun 2019, McEasy berfokus untuk menjadi katalis digitalisasi pada industri logistik dan rantai pasok di dalam negeri. “Sistem pelacakan pintar memang bukan hal baru di dunia otomotif dan industri, namun kami tahu bagaimana cara mengintegrasikan hardware mulai dari sensor hingga GPS,” ujar Raymond.

McEasy memandang, selama ini manajemen transportasi logistik di Indonesia masih memiliki beberapa tantangan, yaitu sangat terbatasnya integrasi dari satu pihak ke pihak lain, padahal masih berada di rantai pasok yang sama. Kedua, proses operasional usaha cenderung rumit sebab menggunakan cara-cara manual tanpa digitalisasi. Oleh karena itu, diperlukan sistem otomasi dan optimisasi untuk menyederhanakan operasional logistik juga belum maksimal.

McEasy menawarkan tiga jenis solusi yaitu Vehicle Smart Management System (VSMS), Transportation Management System (TMS), dan Smart Driver Apps. VSMS merupakan solusi digital berbasis smart tracker untuk membantu operasional logistik dan pelacakan lokasi kendaraan secara real-time. TMS merupakan software untuk perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan optimisasi proses pengiriman barang secara terpadu, sehingga keseluruhan proses menjadi lebih efisien. Melalui integrasi dalam Smart Driver Apps, pelanggan McEasy dapat melacak posisi kendaraan dan seluruh biaya operasional secara transparan, tanpa perlu repot untuk memeriksanya secara manual.

Perusahaan ini menggunakan model bisnis berbasis langganan (subscription) dan memberikan solusi yang dapat disesuaikan dengan skala bisnis pelanggan, seperti 3PL, 4PL, distributor, atau perusahaan brand. Hingga saat ini, wilayah yang terjangkau oleh solusi digital McEasy meliputi Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, serta Sulawesi.

Di masa pandemi, kinerja bisnis McEasy menunjukkan pertumbuhan yang baik. Jumlah pelanggan McEasy naik 10 kali lipat dengan portfolio beragam misalnya MGM Bosco untuk sektor rantai pasok dingin (cold-chain), Rosalia Indah Group untuk sektor transportasi publik, serta RPX dan FeDex Indonesia untuk sektor logistik last-mile di Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved