Strategi SAP Menguasai Bisnis Cloud

SAP menargetkan untuk menjadi pemimpin dunia cloud computing dengan menajamkan strategi bisnisnya di bidang tersebut. Langkah SAP semakin mantap di cloud computing terutama pasca diakuisisinya SuccessFactor pada akhir tahun 2011 lalu. Menurut Graham McClough, Vice President untuk cloud, SAP South East Asia, cloud computing mengubah cara pelanggan menggunakan perangkat komputasinya.

Strategi kami adalah memberikan fleksibilitas untuk melakukan inovasi pada bisnis mereka dengan membayar hanya yang mereka butuhkan. Kami juga merancang solusi kami khusus untuk penerapan yang cepat sehingga pelanggan dapat mengadopsinya sesuai dengan perubahan kebutuhan bisnis dan menjalankannya dengan cepat dan lebih baik,” kata McClough.

Singgih Wandojo, Managing Director PT SAP Indonesia, menambahkan, cloud menjadi area yang sangat disorot para CIO di Indonesia saat ini. Para CIO (chief  information officer)yang menginginkan sebuah lingkungan virtual yang dapat mendukung perubahan aplikasi-aplikasi yang digunakan dalam menjalankan bisnis dan dapat memenuhi permintaan pengguna.

Tren tersebut terlihat dari beberapa pelanggan PT Daya Dimensi, mitra SAP, yang tertarik dalam mengimplementasikan solusi cloud computing, antara lain adalah Bank Mandiri,” kata Singgih.

Berdasarkan data dari IDC diperkirakan bahwa belanja cloud terkait infrastruktur teknologi informasi perusahaan akan meningkat menjadi 12% dari keseluruhan pasar teknologi informasi tahun 2014.

SAP memfokuskan strategi cloud-nya pada 6 elemen, yang bertujuan untuk memberikan solusi yang dapat diakses melalui alat apapun secara cepat. Adapun ke-6 elemen tersebut adalah pertama, choice (pelanggan dapat mengadopsi keseluruhan cloud atau cloud berbeda-beda). Kedua, fokus (SAP akan fokus pada beberapa area produk). Ketiga , prinsip-prinsip design (fokus pada manusia, konsisten mengutamakan pengalaman pengguna, siklus inovasi yang cepat dan integrasi sebagai sebuah layanan). Keempat, Open Platform Approach. Kelima, Cloud Suite Solutions (SAP Business One on Demand untuk bisnis UKM). Keenam, SAP Cloud Computing Unit (One SAP Cloud Organization). (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)