Strategi Super Spring Memperkuat Basis Konsumen GPS

Arianto Furiady, Direktur PT Super Spring. (Foto : Super Spring)

PT Super Spring, produsen GPS (Global Position System) navigasi, pelacak (tracker) dan kamera CCTV bermerek Superspring, menyiapkan alat pelacak berbasis GPS atau GPS tracker terbaru.

Rencananya, Super Spring membidik segmen korporat, seperti perusahaan logistik atau perusahaan start up dan konsumen ritel sebagai target pasar. "Kami memulai bisnis GPS sejak tahun 2008, awalnya kami hanya menyediakan GPS navigasi, tapi kemudian kami melihat  GPS tracker mulai diperhitungkan. Jadi sejak 2010 kami fokus menggarap pasar GPS tracker," ujar Arianto Furiady, Direktur PT Super Spring dalam pernyataannya di Jakarta (14/11/2018).

Arianto menyebutkan sejumlah strategi yang dilakukan perusahaan untuk memperkuat basis konsumen GPS adalah menyediakan layanan purna jual dan jaringan yang luas. "Superspring menjadi satu-satunya produsen GPS tracker yang menyediakan layanan purna jual 24 jam. Untuk call center kami punya 14-16 orang yang handle keluhan pelanggan. Untuk media komunikasinya  kami lengkapi di saluran telepon, e-mail, chat atau WhatsApp," jelas Arianto.

Layanan 24 jam tersebut dihadirkan karena Arianto melihat keadaan di lapangan. Kejadian kehilangan atau pencurian paling banyak terjadi di malam hari. Biasanya, tambah dia, perusahaan GPS tracker lainnya tidak menyediakan pelayanan selama 24 jam dan laporan konsumen diproses esok harinya yang kemungkinan mobil sudah dipreteli dan tracker sudah dicopot oleh pencuri.  “Layanan 24 jam inilah yang sangat membantu pelanggan mencegah kehilangan kendaraan mereka,” papar Arianto.

Sementara untuk jangkauan pasar, saat ini Super Spring memiliki 42 kantor cabang di 35 kota besar di seluruh Indonesia. Dalam hal pemasaran, Superspring menggarap kanal konvensional dan digital sekaligus. Kanal media sosial seperti instagram menjadi arena GPS Superspring untuk memperkenalkan dan menjual produknya. Arianto juga melakukan pemasaran yang unik dengan mengajak serta pelanggan mereka untuk terlibat. Program tersebut bernama SS Poin. Secara singkat program ini mengajak pelanggan untuk mereferensikan produk GPS tracker Superspring ke individu atau korporat. Imbalannya pelanggan tersebut akan mendapatkan poin untuk bisa ditukarkan dengan beragam hadiah yang bisa dipilih sendiri.

Ke depannya, Super Spring sudah menyiapkan sejumlah inovasi agar mendominasi pasar GPS di pasar domestik. Salah satunya menyediakan produk baru GPS tracker yang harganya yang lebih terjangkau. “Target 2018 ini, Super Spring ingin bisa memasarkan GPS tracker dengan harga di bawah Rp 1 juta supaya lebih banyak konsumen yang bisa menikmati teknologi ini. Kami juga terus mengembangkan aplikasi atau software GPS ini supaya semakin mudah digunakan,” terang Arianto.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)