Sudahkah UMKM Memaksimalkan Transormasi Digital?

Survei “The IDC SMB Digital Transformation” yang diselenggarakan oleh IDC dan disponsori oleh SAP SE (NYSE: SAP) menunjukkan bahwa 4 dari 5 usaha kecil dan menengah (UKM) di dunia kini mulai melihat manfaat yang nyata dari transformasi digital.

Manfaat tersebut mencakup peningkatan penjualan, pengurangan biaya, kemudahan akses informasi dan peningkatan layanan pelanggan serta produktivitas pekerja. Namun, banyak juga di antara UKM yang belum menyadari potensi penuh dari transformasi digital: kurang dari 7 persen dari UKM telah mengintegrasikan usahanya untuk mendapatkan wawasan real-time yang mendorong optimisasi dalam berbagai proses dan alur kerja untuk mendapatkan hasil bisnis yang lebih baik.

 

“Transformasi digital dapat dengan cepat menjadi syarat penting dalam berbisnis bagi usaha kecil dan menengah yang ingin memaksimalkan tingkat pertumbuhan dan profitabilitas,” ujar Barry Padgett, Presiden Tim SMB (Small and Medium Businesses), SAP.

Menurutnya, hal ini juga menunjukkan bahwa usaha-usaha yang lebih kecil cenderung bersikap proaktif dan strategis dalam cara mereka berinvestasi di teknologi digital. “Investasi ini, yang sebagian besar memiliki persyaratan yang minimum dalam hal investasi modal dan staf TI, memungkinkan lahirnya peluang yang belum pernah terjadi untuk skala dan efisiensi dengan menyediakan akses pada kemampuan teknologi yang dulunya berada di luar jangkauan perusahaan kecil,” tambahnya.

Survei tersebut dilakukan dengan mengumpulkan respons dari 3.900 orang pengambil keputusan dalam usaha kecil dan menengah yang tersebar di 13 negara di berbagai area industri seperti manufaktur, ritel, utilities, kesehatan, keuangan, dan sektor publik (pemerintah).

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)