SURGE Bidik Peluang Bisnis 5G

Menara telekomunikasi. (Ilustrasi Foto : Dok)

Pemerintah mempercepat proses transformasi digital dalam 2-3 tahun mendatang lantaran transformasi digital sangat diperlukan saat menghadapi masa pandemi Covid-19.

Dalam upaya mempercepat transformasi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika menggandeng para pemangku kepentingan, termasuk perusahaan telekomunikasi untuk perluasan infrastruktur internet. Hal ini disampaikan Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rosarita Niken Widiastuti pada seminar virtual Indonesia Digital Conference 2020 yang digelar oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dirut PT Solusi Sinergi Digital Tbk (SURGE), Hermansjah Haryono, mengatakan ini merupakan peluang untuk SURGE yang bisnisnya erat dengan media telekomunikasi dan informasi. “Justru dengan dipercepatnya transformasi digital ini membuat SURGE menjadi semakin optimis untuk berkontribusi. Dengan adanya instruksi tersebut dari Presiden  juga membuat kami memiliki tantangan baru untuk harus memikirkan dengan segera tentang perkembangan teknologi selanjutnya di tahun mendatang,” imbuh Hermansjah di Jakarta, Jum’at (8/1/2020).

Menkominfo, Johnny G. Plate, menyatakan 5G sudah diuji coba di Indonesia. “Uji coba itu terkait pembelajaran jarak jauh melalui interaksi holografik, proses operasi jarak jauh, Internet of Things (IoT) untuk kota pintar (smart city) dan kendaraan otonom (autonomous vehicles) ketika pelaksanaan Asian Games 2018,” ujar Johnny pada seminar virtual bertajuk International Virtual Conference: Indonesia 5G Roadmap and Digital Transformation pada Kamis, 10 Desember 2020.

Johnny menyebutkan beberapa kawasan industri dan area publik dengan lalu lintas tinggi juga dimungkinkan mengadopsi 5G. Jaringan 5G akan menjadi game changer atau pengubah permainan dengan dampak yang luas pada konektivitas di Nusantara. Teknologi ini juga dinilai menjadi tulang punggung transformasi digital dan pendorong utama pertumbuhan ekonomi. “Kami harus bekerja keras untuk melaksanakan tugas besar dalam mengadopsi teknologi baru. Ini untuk meningkatkan produktivitas melalui jaringan 5G dalam waktu dekat,” Direktur Teknologi SURGE, Ricky Ananda, menambahkan.

Ini merupakan kesempatan emas bagi SURGE karena konsep bisnis SURGE sangat mendukung proses transformasi digital dengan mengkombinasikan Free Wi-Fi dengan iklan sehingga memberikan akses internet kepada masyarakat luas yang handal dan terjangkau. “Di samping itu, Surge akan memiliki jaringan fiber optic berkapasitas besar di sepanjang jalur rel kereta milik PT Kereta Api Indonesia di Pulau Jawa mulai pertengahan 2021 ini sehingga dapat membantu proses fiberisasi bagi operator-operator telekomunikasi dengan penerapan teknologi 5G-nya,” jelas Hermansjah yang sudah malang-melintang di industri telekomunikasi selama 17 tahun.

SURGE sebagai perusahaan teknologi digital menatap optimsitis prospek 5G di Indonesia yang sudah dalam tahap pengelolaan pita frekuensi 2,3 Ghz dan dengan adanya keputusan pemerintah untuk mempercepat membuat transformasi digital dalam 2-3 tahun mendatang.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)