Tahun Ini XL Fokus Garap Layanan Data

Kontribusi layanan data pada pendapatan PT XL Axiata Tbk (XL) per akhir 2011 semakin signifikan. Tercatat, layanan data mencetak pertumbuhan hingga sebesar 61% dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk itu, XL akan semakin fokus pada bisnis layanan data pada 2012.

Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL, pada acara Media Gathering XL di Kuala Lumpur, 8 Februari 2012, menyatakan tahun ini pihaknya berharap tetap bisa melanjutkan pencapaian pertumbuhan yang sudah baik di tahun sebelumnya dan mendorong pertumbuhan yang dititikberatkan pada layanan data, dengan menambah perluasan jaringan serta memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan.

Kontribusi pendapatan layanan data terhadap total pendapatan perusahaan, naik menjadi 15% dibanding 10% pada tahun sebelumnya. Kami semakin yakin, di tahun-tahun mendatang, kontribusi ini akan semakin tinggi mengingat terus meningkatnya penggunaan layanan data oleh pelanggan. Saat ini, lebih dari setengah dari total pelanggan XL telah menggunakan layanan data, bahkan trafik layanan data telah naik tiga kali lipat,” ujar Hasnul.

Optimisme XL pada masa depan layanan data juga didukung oleh kondisi bisnis layanan ini yang sangat kondusif secara industri. Penjualan smartphone di Indonesia terus meningkat pesat, bahkan sepanjang 2010 telah naik lebih dari 100% di banding tahun sebelumnya. Pertumbuhan pengguna mobile internet juga naik tinggi hingga 158% per April 2011 dibandingkan setahun sebelumnya. Sementara itu, dari sisi jumlah pengguna situs jejaring sosial paling popular saat ini yakni Facebook dan Twitter, Indonesia juga menduduki peringkat atas.

Guna memperkuat posisi XL sebagai penyedia layanan data yang berkualitas sekaligus menjamin layanan kepada pelanggan, XLtelah mempersiapkan sejumlah inisiatif. Dari sisi produk, XL akan menawarkan layanan-layanan data yang mampu memberikan pengalaman memuaskan bagi pelanggan, di mana XL akan mengutamakan faktor manfaat pada setiap produk. XL juga akan menawarkan produk dengan tarif terjangkau sehingga semua segmen pelanggan XL bisa mengaksesnya. Layanan data XL juga akan bersifat simple dan sangat mudah dipakai. Kemudian dari sisi konten dan aplikasi, XL juga akan menyediakan berbagai jenis konten dan aplikasi yang lebih menarik dan memiliki nilai tambah bagi pelanggan. Selain itu, dari sisi kualitas layanan, XL juga akan terus melakukan upaya perbaikan untuk bisa memberikan layanan dan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan (better service & experience).

Pada sisi jaringan, XL mengalokasikan belanja modal 2012 sebesar Rp 7-8 triliun, yang mana lebih dari 60% nya akan digunakan untuk memperkuat infrastruktur 3G dan data, termasuk membangun jaringan transmisi berbasis IP (internet protocol) secara masif, yang akan menopang layanan akses internet berkecepatan tinggi HotRod 3G+. Pada 2011, XL berhasil mencatat jumlah pembangunan BTS 2G dan 3G terbesar dalam setahun sepanjang sejarah.

Untuk 12 bulan terakhir, XL memperkuat jaringan 3G dengan menambah lebih dari 6.000 BTS dan sebanyak 81% BTS 3G hingga mencapai total 4.910 BTS dan total BTS 2G dan 3G pada akhir 2011 berjumlah 28.273 BTS. Hal ini juga didukung oleh migrasi ke jaringan berbasis IP yang berlangsung terus-menerus, mengembangkan transmisi dan menambah jaringan Core agar dapat memberi pengalaman yang lebih baik untuk pelanggan. Fokus terhadap penyediaan kualitas jaringan yang lebih baik juga dapat dilihat dari adanya implementasi kebijakan pengalihan pengelolaan layanan jaringan ke mitra yang lebih berkompeten.

Hingga akhir 2011, pengguna layanan data XL berjumlah 25,5 juta atau 55% dari total pelanggan XL. Trafik penggunaan data juga telah tumbuh cepat sebesar 295% dari 2,7 Petabyte tahun lalu menjadi 10,6 Petabyte di tahun 2011.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)