Tanpa Toko Fisik, Izemu.com Tetap Menguntungkan

Izemu

Sejak mendirikan usaha tahun 2013, Ivan Yahya Adhiteja sudah mendedikasikan usahanya fokus pada pemasaran daring. Lewat PT Izemu Desain Inovatif (Izemu.com), ia mengembangkan usahanya lewat garasi.

Ia terinspirasi dari perusahaan besar seperti Google, Amazon, Apple dan Disney yang mengawali usahanya lewat garasi. Ivan optimistis dengan memanfaatkan berbagai fitur Google salah satunya My Business, usahanya ini akan menuai hasil yang maksimal di masa akan datang.

Izemu merupakan usaha kerajinan tangan dengan bahan baku utama dari kayu pinus dan jati. Sebelum memproduksi, yang Ivan lakukan justru mendirikan portal online izemu.com sebagai wadah online shopnya.

“Sejak awal, saya memang memfokuskan pemasaran pada ranah daring. Tanpa banyak mengeluarkan dana, saya tetap bisa melakukan pemasaran hingga pelosok daerah bahkan pernah juga melayani pesanan barang di Australia dan Singapura,” jelas Ivan kepada awak media saat kunjungan bersama Google di workshopnya di Bandung (6/12/2016).

Menurut Ivan, yang membedakan produk Izemu dengan kerajinan tangan lainnya adalah teknik pembuatannya yang detail dan mengutamakan pada estetika. Bersama 5 karyawan lainnya, Ivan sudah memproduksi 100 produk dengan desain yang berbeda.

Jika dihitung secara keseluruhan, hanya dengan mengandalkan pemasaran secara daring omzet sebesar Rp 20 juta sudah cukup memuaskan. Namun begitu, Ivan akan tetap fokus mengembangkan produknya ke berbagai perusahaan perhotelan di Indonesia.

Disinggung mengenai ekspor, Ivan mengaku masih banyak kendala, terutama pada sertifikasi yang harus dipenuhi sebelum barang tesebut sampai pada konsumen di luar negeri. Oleh sebab itu, Ivan akan tetap fokus pada pasar Indonesia yang peluangnya masih sangat terbuka lebar.

Sedangkan untuk bahan bakunya sendiri, Ivan mengambil dari Perhutani Kuningan. Sebanyak 8 kubik atau setara 1 truk kayu bisa digunakan untuk bahan produksi selama 1,5 tahun. Adapun produk Izemu yang menjadi favorit pelanggan adalah tatakan gelas, kontainer dan sanderan handphone.

“Keunggulan lain Izemu, menggunakan finishing waterbase yang ramah dan aman bagi lingkungan. Termasuk untuk limbahnya, kami sedang bekerja sama dengan ITB untuk mengolah limbahnya menjadi produk ekonomis sehingga setiap proses produksi Izemu menjadi zero waste,” jelas Ivan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)