Tarik Pengunjung, UDoctor Tawarkan 11 Layanan Digital Healthcare Gratis

Berawal dari layanan internal untuk karyawan Telkom, UDoctor berkembang menjadi platform layanan digital healthcare yang memberikan solusi kesehatan bersifat promotif, preventif, konsultatif dan monitoring ke pasar yang lebih luas. Layanan yang akan dirilis bulan depan ini   menargetkan 10-11 ribu pengunjung setiap hari dengan menawarkan 11 layanan secara gratis. Apa saja?

UDoctor menyediakan layanan Cek Gejala Penyakit, Personal Healtcare, Dokter Jaga, Dokter Praktek, Sharing Pengalaman, Informasi Kesehatan, Tips & Gaya Hidup Sehat, Medical Record & Fitur Komunukasi interaktif antar anggota. Layanan terbaru yang tengah dikembangkan lainnya adalah Dokter Pribadi (Model Kapitasi), Online Store, dan Health Directory.  Layanan “Dokter Jaga”  misalnya, anggota bisa berinteraksi secara langsung ke dokter untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan. Selain bisa mendapatkan informasi akurat dari dokternya langsung, anggota juga bisa mendapat pengetahuan tambahan dari pada anggota yang menuliskan pengalaman kesehatan mereka dalam layanan “Sharing Pengalaman”.

ilustrasi UDoctor

Untuk sementara, UDoctor hanya bisa digunakan oleh karyawan Telkom saja di mana dalam layanan tersebut tersedia 3 dokter jaga yang bertugas selama hari kerja dan dijam kerja. Ke depan, perusahaan akan menambah jumlah tenaga dokter sekitar 8 orang dengan sistem shifting selama 24 jam. UDoctor mulai aktivasi dibulan Juni lalu. Sampai saat ini jumlah page view sebanyak 60ribu dan jumlah anggota yang terdaftar sebagai anggota aktif sebanyak 16 ribu.

“Selama masa validasi market tersebut, UDoctor masih menerapkan skema free untuk para anggota. Ke depannya, kami akan menerapkan variasi skema bisnis platform as a service maupun Software as a Service (untuk segmen B2B dan B2G) serta Premium Service (untuk segmen B2C). Jadi sekarang belum ada revenue,” ujar Achmad Sugiarto, EGM  Divisi Solution Convergence Telkom.

Anto, panggilan akrab Achmad, menjelaskan, UDoctor dibentuk berdasarkan customer validasi yang dilakukan oleh tim di mana ditemukan bahwa masyarakat Indonesia memerlukan kesehatan yang mudah di akses, transparan dan rasional (dari sisi harga). Kemudian setelah melihat kebutuhan layanan digital healthcare yang semakin tinggi, maka diputuskan untuk membawa UDoctor menjadi platform kesehatan digital untuk masyarakat Indonesia. UDoctor merupakan salah satu proyek di unit eHealth Telkom. Kehadiran UDoctor diharapkan mampu memberikan kontribusi aktif dalam mendukung program pemerintah “Menuju Indonesia Sehat”, “Jaminan Kesehatan Nasional” , “Badan Penyelenggara Jaminan Sosial” dan “Kartu Indonesia Sehat”.

UDoctor memiliki layanan yang variatif, salah satunya adalah klinik virtual di mana dokter dapat membuka tempat praktek secara online serta membuat model reservasi online untuk klinik fisik mereka. Jadi, pasien dapat dengan mudah berkonsultasi dengan dokter secara online maupun  untuk konsultasi secara fisik dengan dokter melalui reservasi antrian. Fasilitas klinik untuk dokter ini lebih ke arah manajemen tempat praktek sederhana. Prosedur untuk pendirian klinik virtual sangat mudah, dokter cukup melakukan registrasi ke UDoctor dan melampirkan STR dan SIP, lalu selanjutnya menunggu persetujuan dari admin UDoctor.

Untuk bersaing di bisnis ini, tambah Anto, UDoctor selalu terus meningkatkan kualitas layanan baik konten maupun kehandalan platformnya. Selain itu, UDoctor juga terus mengembangkan layanan dengan menjalin sinergi dengan mitra-mitra strategis untuk pengembangan layanan. Mitra strategis UDoctor sampai saat ini adalah Yayasan Kesehatan Telkom, PT Administrasi Medika (Admedika),  Kalbe Farma dan Look@MyBaby. “Tantangan terberat adalah regulasi tentang layanan kesehatan online belum ada sehingga para dokter belum begitu antusias terhdap laynan semacam ini sedangkan animo dari masyarakat cukup besar. (EVA)

 

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)