Teknologi Adiktif Manufaktur Bantu Desainer Berinovasi

Sudah 100 tahun sejak jalur perakitan (assembly line) Henry Ford mengubah cara perusahaan dalam membuat sesuatu. Saat ini, munculnya teknologi adiktif manufaktur mungkin telah terbukti memiliki peranan yang sama pentingnya. "Ini merupakan salah satu hal terbesar yang terjadi di bidang manufaktur dalam beberapa waktu ini," kata Luana Iorio, seorang ilmuwan GE Global Research (GRC).

Adiktif Manufaktur "mencetakā€ sebuah objek dari file digital dengan mendepositokan satu lapisan bahan diatas lapisan bahan yang lain. Hal ini sangat berbeda, katakanlah, sepotong baja yang ditempa, dipotong, digergaji atau digiling secara berkala. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk lebih mudah memproduksi bentuk dan struktur yang kompleks seperti bahan bakar nozzles dan pisau yang secara tradisional sulit untuk dibuat.

"Anda harus memberi para desainer kebebasan baru yang lebih luas. Mereka tidak terikat oleh keterbatasan manufaktur tradisional. Mereka benar-benar dapat membuat, merakit dan mengubah produk-produk untuk menyesuaikan dengan apa yang mereka inginkan serta menciptakan sebuah inovasi yang sesuai dengan harapan." loiro menguraikan.

Menurutnya, hal itu akan menguntungkan berbagai industri seperti industri penerbangan, di mana penurunan beban sebuah pesawat dapat menghemat bahan bakar dalam skala besar. Saat ini tim GRC sedang mengembangkan teknologi "mencetak" aplikasi untuk semua bisnis GE dari kesehatan sampai energi.

"Peluang ini membuat kita bersemangat untuk terus menggali potensi mengenai apa yang dapat kami lakukan. Kami sedang menerapkan adiktif manufaktur untuk polimer, keramik, logam, dan semua jenis bahan untuk komponen yang berbeda di seluruh deretan produk-produk GE," jelasnya.

Seperti percetakan biasa, proses dimulai dengan file digital yang menyimpan gambar 3D dari produksi komponen. Tim engineer perangkat lunak GRC sedang mengembangkan aplikasi desain untuk memanfaatkan kekuatan penuh metode tersebut. "Kami perlu memberikan para desainer produk sebuah alat baru sehingga mereka dapat mengambil keuntungan dari kebebasan yang baru di dunia manufaktur," Ioiro menambahkan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)