Teknologi NXP Tangani Proyek e-KTP Indonesia

NXP Semiconductors di ajang Cards & Payments Singapore mengumumkan bahwa perusahaannya akan menyelesaikan sebanyak 172 juta pasokan chip untuk proyek eKTP Indonesia. Kartu-kartu eKTP ini akan didistribusikan kepada 172 juta penduduk Indonesia dengan sistem eID lengkap multi aplikasi berskala nasional yang terdiri dari solusi pengambilan data, server, penyimpanan data, penyocokan biometrik dan kartu cerdas, serta berbagai solusi infrastruktur dan jaringan.

sumber foto : rimanews, JIBI Photo

Proyek eKTP diharapkan dapat meminimalisir atau bahkan menghilangkan adanya duplikasi database kependudukan yang sudah ada. Sehingga pada akhirnya akan menghasilkan data sensus dan identifikasi yang lebih lengkap. eKTP juga dapat digunakan untuk membuka rekening bank, mendapatkan dokumen pemerintahan seperti akte kelahiran, mendaftar kepemilikan kendaraan atau properti dan banyak transaksi lainnya. Selain itu, kemampuan multi aplikasi dari teknologi chip NXP memungkinkan kartu cerdas eKTP mendukung sejumlah besar aplikasi voting yang dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kecurangan dalam pelaksanaan pemilu/pemilukada. Sesuai dengan struktur ICAO LDS-9303, eKTP juga dapat digunakan sebagai dokumen perjalanan internasional.

“Proyek eKTP Indonesia tidak hanya menegaskan kemampuan kami sebagai pabrikan microcontroller keamanan kelas dunia yang dapat menyediakan perangkat-perangkat berkualitas tinggi dalam jumlah besar, tetapi juga mengukuhkan posisi kami sebagai mitra terpercaya dengan sumber daya lengkap dan hadir di berbagai belahan dunia, yang mampu dan bersedia mendukung proyek skala besar dari fase awal hingga selesai,” kata Ulrich Huewels, VP dan General Manager, Business Line Secure Card Solutions dengan NXP Semiconductors.

Menurutnya, penggelaran eID seperti ini memiliki potensi untuk benar-benar memberikan perubahan dalam masyarakat dengan menyediakan kemudahan dan akses aman terhadap layanan-layanan publik bagi warga negara, contoh terbaiknya adalah kemampuan eVoting yang dimungkinkan oleh kartu cerdas eKTP Indonesia.” tambahnya.

Teknologi microcontroller dan Secure Application Modules (SAM) serta pembaca IC untuk infrastruktur pembaca eKTP akan memastikan interoperabilitas serta keamanan optimal dari sistem ini hingga memperkuat posisi NXP sebagai pemimpin dunia di bidang Identifikasi serta pasar eGovernment. Hal ini ditegaskan oleh laporan terakhir ABI Research yang menyatakan bahwa NXP memiliki pangsa pasar sebesar 53% di sektor eGovernment. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)