Telkom Beri Apresiasi Inovator Teknologi Digital Indonesia

Dalam perayaan hari ulang tahun ke-56 pada 6 Juli 2021, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mengapresiasi sejumlah innovator di bidang teknologi digital.

Komisaris Utama Telkom Bambang Soemantri Permadi Brodjonegoro menyatakan harapannya agar Telkom dapat tumbuh secara sehat di era pandemi dengan menyelaraskan tujuan bisnis dan fungsi sosial lingkungan.

“Sudah 56 tahun Telkom menyatukan bangsa dan negara dengan jaringan telekomunikasi sehingga  masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke bisa saling menyapa,” tuturnya.

Terdapat tiga apresiasi bagi inovator yang diberikan Telkom tahun ini. Pertama, penghargaan kepada dua inovator muda terbaik yang mampu memanfaatkan teknologi dan layanan digital untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Penghargaan pertama diraih oleh pengembang platform Ngamen Hub dari program SMK Digi Social Fest dan pengembang aplikasi MyBidan dari program Innovillage.

NgamenHub adalah platform yang menghubungkan musisi serta pengamen dengan event organizer maupun pelaku usaha. Melalui berbagai fitur pada platform ini, musisi bisa dengan mudah bergabung dengan komunitas, mengamen pada tempat yang disediakan platform, membangun branding personal, serta memasarkan merchandise eksklusif terhadap penggemar.

Aplikasi kedua yang mendapat penghargaan adalah MyBidan. Aplikasi berbasis web ini berfungsi memberikan informasi dan edukasi, serta layanan monitoring kesehatan balita serta ibu hamil. Aplikasi yang menjadi bagian Top 10 Social Project pada ajang Innovillage ini diharap bisa mengantisipasi terjadinya stunting sejak dini.

Apresiasi kedua diberikan Telkom untuk masing-masing tiga perusahaan rintisan (startup) terbaik dari program inkubasi Indigo Creative Nation dan Program Digital Amoeba. Tiga startup terbaik dari Indigo yang meraih apresiasi adalah Verihubs, SIAB Indonesia, dan BIOPS Agrotekno.

Peraih apresiasi startup terbaik dari inkubasi Amoeba adalah Inecrow, Sprinthink, dan GameQoo. Penghargaan untuk mereka diberikan secara berturut-turut oleh Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, serta Direktur Consumer Service Telkom Venusiana.

Terakhir, Telkom memberikan Apresiasi Desa Inovatif 2021 kepada Desa Wisata Liang Ndara, Kampung Cecer, Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur.

“Situasi pandemi dan kompetisi yang semakin intens menjadi tantangan bagi Telkom sehingga kita perlu menghadapinya dengan cara yang tidak biasa. Satu-satunya jalan yang bisa kita lakukan adalah berubah dengan cepat dengan bertransformasi menuju digital telco. Kita pasti mampu jika kita melakukan inovasi,” ujar Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)