Telkomsel akan Kembangkan NFC dan MPOS

IMG_5018Melihat kebutuhan pelanggan akan layanan payment and banking karena mampu memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan, Telkomsel sudah menawarkan beberapa layanan seperti m-Banking, T-cash, branchless banking.

Di tahun ini Telkomsel akan mengembangkan NFC dan MPOS. NFC merupakan teknologi yang memungkinkan penggunanya bertukar informasi atau data dengan jarak dekat (13,56 Mhz) secara nirkabel. Kegunaan dari NFC Payment adalah memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi cukup dengan mendekatkan media NFC ke NFC reader. Dengan solusi NFC Payment, pelanggan Telkomsel dapat melakukan transaksi dengan mudah dan dapat melakukan pembayaran dengan prepaid, debit card, credit card, dan loyalty card.

Sementara itu, Telkomsel MPOS merupakan layanan dari Telkomsel yang memungkinkan pengguna untuk menerima transaksi pembayaran menggunakan kartu kredit atau kartu debit di Smartphone yang telah menggunakan dongle MPOS.

VP Digital Payment & Banking Telkomsel, Andi Kartiko Utomo, mengungkapkan bahwa untuk meningkatkan penggunaan layanan Telkomsel yang terkait digital payment dibutuhkan edukasi untuk mengenalkan kepada masyarakat. 

Sukses sebagai operator selular, Telkomsel tentu menghadapi kendala. Andi menambahkan bahwa tantangan terbesar bagi operator adalah merubah behavior dari market, dimana saat ini masih melakukan pendekatan dengan cara-cara yang sangat tradisional. Selain itu salah satu tantangan terbesar operator adalah dalam menumbuhkan rasa percaya dari pelanggan terhadap layanan yang diberikan.

Dengan market size yang cukup besar dan masih banyak yang belum digarap seiring perkembangan teknologi yang meningkat secara pesat, prospek layanan payment dan banking yang ditawarkan operator merupakan kesempatan untuk meraih pasar.

Hingga saat ini jumlah pelanggan payment and banking Telkomsel mencapai 15 juta pelanggan. Untuk melayani kebutuhan pelanggan terkait transaksi Telkomsel, saat ini terdapat 700 merchant yang tersebar di 40 ribuan titik di Indonesia. Kedepannya Telkomsel berharap dalam pengembangan layanan payment and banking, Telkomsel terus menggali kebutuhan dari pelanggan untuk memberikan pelayanan terbaik dan mudah dalam hal user experience sehingga kepuasan pelanggan dapat tercapai.

"Melihat perkembangan dari tahun sebelumnya yang naik dua kali lipat kami yakin bahwa layanan payment dan banking akan tumbuh secara cepat," tutup Andi. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)