Telkomsel Siapkan VLR 40-60 Persen Jelang Lebaran

IMG_20160520_122913_860Mengambil tempat di Novotel Semarang, Telkomsel kembali melakukan agenda tahunan Network Drive Test atau Uji Coba Jaringan bersama media untuk memastikan kesiapan jaringannya jelang Ramadhan dan Lebaran 1437 H. Uji coba dilakukan di jalur Jakarta - Semarang dan Surabaya - Semarang. Kesiapan jaringan Telkomsel di jalur mudik Pulau Jawa ini tercatat prima. Selain dilakukan di jalur mudik Pulau Jawa, rangkaian Telkomsel Network Drive Test juga dilakukan di berbagai jalur lainnya seperti di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi menggunakan rute darat dan kereta api, sehingga secara total uji kesiapan jaringan ini mencakup jarak 10.921 km.

Mengambil tema ‘3F (First, Fastest, Finest) Journey’, tahun ini kegiatan utama Telkomsel Network Drive Test 2016 bersama media dimulai secara bersamaan dari Jakarta dan Surabaya. Perjalanan dari Jakarta melintasi Cirebon, Tegal, Pekalongan, dan berakhir di Semarang. Sementara itu dari Surabaya, tim Telkomsel Network Drive Test melintasi Tuban, Kudus, dan juga berakhir di Semarang. Kedua jalur ini dipilih mengingat tingginya angka pemudik yang melintasi kedua jalur tersebut di masa-masa Lebaran.

Sukardi Silalahi, Direktur Network Telkomsel, mengatakan, masa Ramadhan dan Lebaran merupakan momen spesial bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu Telkomsel ingin memastikan seluruh layanannya berfungsi dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan. "Terlebih dengan telah hadirnya layanan Internet cepat Telkomsel 4G LTE yang juga telah tersebar di lebih dari 100 kota kabupaten, kami harap juga akan semakin menambah kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi di momen spesial tersebut,” tuturnya.

Lebih lanjut Sukardi menjelaskan, kualitas jaringan merupakan prioritas utama Telkomsel dalam menghadirkan layanan bagi para pelanggan. Untuk itu serangkaian persiapan menjelang Ramadhan dan Lebaran telah dilakukan sejak jauh-jauh hari, bahkan termasuk dalam agenda program TruBEx (True Broadband Experience) yang diinisiasi sejak tahun 2015. Hal ini diharapkan akan menjaga ketersediaan jaringan, kualitas jaringan dan berfungsinya layanan Telkomsel secara prima di berbagai jalur dan lokasi yang akan dipadati oleh pemudik, maupun wisatawan.

"Lokasi wisata seperti Malioboro, Yogja, juga tempat wisata lain melonjak saat Lebaran. Maka itu kami memastikan kualitas jaringan saat ini, sebelum puasa bukan saja dalam kondisi baik, tapi excellent," imbuhnya.

Kesiapan Jaringan Telkomsel

Selama momen Ramadhan dan Lebaran, khususnya di masa mudik dan pada saat Lebaran tahun ini, Telkomsel memprediksi akan terjadi lonjakan trafik komunikasi di daerah jalur mudik dan tujuan wisata dibandingkan trafik di hari biasa. Lonjakan trafik akan terjadi diantaranya pada layanan SMS yang berkisar antara 5 hingga 15 persen atau mencapai 930 juta SMS, dan layanan Data yang akan melonjak naik antara 15 hingga 25 persen menembus 2.700 Tera Byte dibanding hari biasa. "Tapi dibanding Ramadhan dan Lebaran tahun lalu, trafik data diprediksikan akan melonjak 79 persen," ujar kardi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Telkomsel melakukan serangkaian kegiatan optimalisasi jaringan, seperti menjaga ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan. Di sepanjang jalur utama mudik di Pulau Jawa dan Sumatera telah disediakan kelonggaran sebesar 40 hingga 60 persen, seperti Jawa Barat sebesar 41 persen, Jawa Tengah sebesar 42 persen, dan Jawa Timur sebesar 60 persen dan Sumatera Selatan sebesar 59 persen. Hal ini akan membantu pelanggan untuk tetap dapat terhubung dengan layanan Telkomsel.

Telkomsel juga telah mengidentifikasi sebanyak 809 hotspot atau POI (Point of Interest) yang meliputi Bandar Udara, Terminal Bus, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, dan Mal, dimana lokasi-lokasi tersebut diprediksi akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi di masa Ramadhan dan Lebaran. Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi tersebut, Telkomsel akan menyiagakan sebanyak 76 unit COMBAT (COmpact Mobile BAse sTation) untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data.

Di sisi lain, sepanjang tahun Telkomsel terus menggelar pembangunan BTS (Base Transceiver Station) di berbagai daerah di Indonesia yang diharapkan juga akan mendukung primanya jaringan selama masa Ramadhan dan Lebaran. Pada periode Lebaran pelanggan Telkomsel akan dilayani oleh 116.000 BTS di berbagai penjuru negeri, dimana sekitar 57% diantaranya merupakan BTS broadband (3G dan 4G) yang mampu melayani bandwidth Internet sebesar 776 Gbps (Giga bit per second).

“Kebutuhan komunikasi masyarakat terus meningkat tiap tahunnya, terutama pada layanan data yang penggunaannya meningkat lebih dari 100% selama tahun 2015. Ketersediaan jaringan internet cepat Telkomsel 4G LTE, banyaknya smartphone berkualitas dengan harga yang terjangkau, serta semakin akrabnya masyarakat dengan mobile internet dan berbagai aplikasi digital turut mendorong adopsi layanan data di tengah-tengah masyarakat. Hal ini pun yang mendorong Telkomsel untuk terus menjaga kualitas dan mengoptimalkan jaringannya, sehingga pelanggan dapat menikmati layanan broadband dengan kualitas terbaik, kapan pun dan dimana pun,” papar Sukardi.

Di sisi pelayanan, Telkomsel menghadirkan posko mudik dan titik layanan di lokasi-lokasi POI yang telah teridentifikasi agar kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga. Selain itu seluruh channel pelayanan existing Telkomsel juga diharapkan dapat berfungsi maksimal selama Ramadhan & Lebaran, diantaranya 412 GraPARI, 392 Mobile GraPARI, 40 unit layanan digital self-service MyGraPARI, dan 464 Branch Office (TDC). Pada saat yang bersamaan, mitra distributor Telkomsel juga turut siaga menjaga ketersediaan produk. Selain itu Telkomsel juga menyelenggarakan CSR berupa pembagian 21 ton kurma ke barbagai masjid di seluruh Indonesia dan santunan anak yatim sepanjang Ramadhan tahun ini. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)