Telkomsigma Dukung DPP DKI Bangun Komunitas Digital

Guna membangun pemerintahan yang bersih dan transparan, DPP DKI melakukan transformasi pelayanan kepada masyarakat. Mendukung program tersebut Telkomsigma hadir sebagai penyedia solusi IT secara end-to-end, dalam hal ini perangkat dan solusi komputansi awan (cloud) atau backup server untuk memenuhi kebutuhan DPP Pemprov DKI dalam mempermudah pelaporan dan pembayaran wajib pajak.

Saat ini fasilitas pelayanan pajak harus dibangun dan diselaraskan dengan perkembangan zaman yang menitikberatkan pelaksanaan kegiatan berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi untuk mencatat transaksi penjualan usaha wajib pajak hotel, hiburan dan restoran yang terdiri dari perangkat keras yang sudah siap pakai untuk merekam transaksi penjualan, mendokumentasikan laporan penjualan, dan mengirimkan data tersebut ke Dinas Pelayanan Pajak (DPP) sehingga mempermudah proses pelaporan pajak atas omset hasil usaha setiap bulannya.

(Paling kanan) Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta, Agus Bambang Setyowidodo bersama Judi Achmadi (tengah), CEO Telkomsigma , Judi Achmadi berdiskusi pada saat peluncuran Pajak Online Terintergrasi disaksikan oleh pemilik resto di Jakarta (Paling kanan) Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta, Agus Bambang Setyowidodo bersama Judi Achmadi (tengah), CEO Telkomsigma berdiskusi pada saat peluncuran Pajak Online Terintergrasi disaksikan oleh pemilik resto di Jakarta

Oleh karena itu dibutuhkan suatu upaya dari Pemprov DKI melalui DPP untuk menyediakan alat pencatat transaksi penjualan bagi wajib pajak yang belum memiliki alat tersebut sehingga tidak memberatkan wajib pajak untuk mengadakan atau membeli sendiri.

“Demi terciptanya transformasi pemerintah yang transparan, Telkomsigma mendukung DPP DKI dalam menyediakan perangkat yang akan dapat mencatat transaksi penjualan usaha yang terintegrasi dan dapat dilakukan secara online. Seluruh data yang tercatat akan ter-backup dengan solusi cloud Telkomsigma terhadap kemungkinan terjadinya disaster. Sehingga data tetap aman dan proses pelaporan tetap dapat berjalan dengan semestinya,” jelas Judi Achmadi, CEO Telkomsigma.

Bersama sinergi Telkom Group dan Telkomsel dalam penyediaan sistem komunikasi antara perangkat keras ke data center DPP dan data center Cloud memperkuat solusi digital yang akan berjalan di DPP DKI, Telkomsigma juga didukung oleh mitranya sebagai penyedia perangkat keras, aplikasi frontend, dan aplikasi backend.
Saat ini implementasi yang dilakukan sebanyak 5.555 unit perangkat yang akan ditempatkan di hotel, restoran, dan tempat hiburan kelas menengah diwilayah DKI Jakarta. Aplikasi sistem penerimaan data dan informasi laporan transaksi dapat langsung terhubung ke DPP DKI dan dapat diakses secara online.

Komitmen Telkomsigma bersama Telkom Group untuk terus mendukung pemerintah dengan adanya inovasi di bidang teknologi informasi, yang sebelumnya juga telah diimplementasikan pada solusi e-ticketing pada transportasi umum yaitu kereta api atau KCJ dan industri parawisata di Taman Wisata Borobudur. Keberhasilan yang sama diharapkan dapat diperoleh dari project ini, sehingga Telkomsigma sebagai bagian dari Telkom Indonesia dapat turut berkontribusi dari pembagunan infrastruktur berbasis digital di negara kita.

Sekadar informasi, PT Sigma Cipta Caraka atau Telkomsigma adalah perusahaan Integrated ICT (Information Communication & Technology) Solutions di Indonesia yang telah menjadi mitra teknologi yang handal bagi lebih dari 350 perusahaan yang berasal dari berbagai industri di Indonesia selama lebih dari 28 tahun.

Sejak didirikan tahun1987, Telkomsigma terus berupaya menyediakan berbagai produk dan layanan inovatif berbasis ICT. Bisnis portofolio mencakup layanan Managed Services, Software for Business Solutions, dan System Integrator. Dengan jumlah dan loyalitas klien yang terus meningkat dari tahun ke tahun, telkomsigma siap menjadi mitra strategis dalam mendukung pertumbuhan bisnis klien.

Sejak tahun 2010, Telkomsigma resmi menjadi 100% anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia. Telkomsigma siap mendukung visi Telkom sebagai penyedia layanan TIME (Telecommunication, Information, Media, dan Edutainment), khususnya bidang “Information”, di Indonesia.

Telkomsigma juga telah memperoleh penghargaan dari berbagai lembaga riset internatsional, yang membuat perusahaan yakin untuk disetarakan dengan perusahaan berkelas dunia. Salah satu penghargaan terbaru, Telkomsigma kembali meraih penghargaaan 2015 Frost & Sullivan Indonesia Excellence Awards, kategori Data Center Service Provider of The Year dan Telco Cloud Service Provider of The Year. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)