Terobosan AMD-Adobe untuk Kinerja Penyuntingan Video

AMD berkolaborasi dengan Adobe Systems Incorporated untuk menghadirkan perangkat keras bagi akselerasi penyuntingan video dengan Adobe Premier Pro versi mendatang yang mendukung OpenCL, dan pertama kalinya tersedia pada platform Microsoft Windows. Kolaborasi ini menegaskan komitmen AMD untuk menghidupkan ekosistem kemitraan melalui cross-platform yang berbasis open standards.

ilustrasi AMD

AMD memperkuat Adobe untuk bersama-sama memberikan pengalaman penyuntingan bagi para profesional kreatif di mana pun mereka berada. Kombinasi dari perluasan dukungan platform melalui open standards dan Adobe Creative Cloud memberikan akses tak tertandingi dan tak terbatas pada perangkat pascaproduksi profesional terkini yang bertenaga.

"AMD dan Adobe didedikasikan untuk memberikan solusi open standard bagi para konsumer maupun profesional kreatif, sehingga mereka tetap mampu mencipta dan berkarya di mana pun berada," tutur Neal Robison, Senior Director, Software Alliances AMD, di California.

Adobe Premier Pro versi mendatang diorientasikan untuk menjangkau segmen konsumen yang lebih luas, mulai dari konsumer sampai profesional, melalui optimalisasi untuk mencapai hasil maksimal dari AMD Graphics Processing Units (GPU) dan Accelerated Processing Units (APU) serta menghadirkan penyuntingan real-time dari format DV ke HD atau ke 4K Ultra HD pada frame rate tinggi.

Jika sebelumnya Adobe Premier Pro yang mendukung OpenCL untuk sistem operasi Mac OSX telah dikenal luas, maka saat ini Adobe dan AMD memperluas fungsi lanjutan OpenCL bagi profesional kreatif yang menggunakan sistem operasi Windows.

"Melalui relasi kuat antara AMD dengan Adobe, para editor video tidak lagi harus menunggu lama ketika melakukan proses penyuntingan, baik ketika rendering, maupun ketika menambahkan efek, atau pemaduan obyek. Sekarang mereka dapat melakukan semuanya dengan kualitas tinggi secara real-time,” tambah Neal.

Mulai dari APU dan kartu grafis untuk notebook, sampai pada kartu grafis workstation untuk profesional seperti AMD FirePro W-series, teknologi AMD bekerja secara terbuka dengan Adobe Premier Pro dalam memberikan solusi penyuntingan dengan GPU terakselerasi untuk menginspirasi konsumer maupun profesional kreatif di mana saja. Perangkat lunak ini diakselerasi oleh OpenCL dengan memanfaatkan kekuatan komputasi dari AMD APU dan produk grafis AMD secara efisien agar dapat mencapai kecepatan export dari format sumber dengan penambahan efek-efek ke pilihan format akhir hingga 4.3X lebih cepat. Semuanya untuk mencapai distribusi  serta publishing yang mudah dan cepat.

Selain itu, para video editor profesional bisa memanfaatkan Adobe Creative Cloud untuk mendapatkan keuntungan yang sangat kompetitif melalui akses langsung ke fitur perangkat keras fungsional AMD yang terakselerasi dan dilengkapi dengan perangkat lunak terbaru untuk memproduksi video dari Adobe. Adobe Creative Cloud juga menawarkan perangkat end to end yang cross platform dengan perangkat lunak industri terkemuka sehingga dengan mulus dapat terintegrasi dengan semua perangkat keras yang dibutuhkan untuk tetap mencipta, berkolaborasi, dan terhubung.

"Ini semua adalah tentang perangkat lunak terbaik yang mungkin diciptakan, dan di NAB kita bekerjasama untuk menghadirkan beberapa perangkat tambahan yang luar biasa untuk alat penyunting video kami," kata Simon Williams, Director of Strategic Relations Adobe. Ia pun mengatakan, pelanggannya memang membutuhkan sistem bertenaga yang memungkinkan mereka untuk bekerja dengan cepat dan efisien. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)