Terobosan Keyboard Bisa Direndam

Ternyata bukan hanya pakaian saja yang bisa dicuci dan direndam, keyboard juga bisa. Logitech mengeluarkan Washable Keyboard K310 yang memungkinkan untuk pencucian. Bila direndam, tahan hingga kedalaman 30 cm, selama 5 menit.

“Keyboard ini tahan terhadap tumpahan air, dapat dicuci, dapat direndam sehingga selalu bersih dan terjaga dari kuman-kuman yang menempel yang dapat mengganggu kesehatan kita,” kata Kurniadih Sutanto, Country Manager Logitech Indonesia di Jakarta, Selasa (5/3).

Keyboard ini terbuat dari plastik. Komponen-komponen elektronik di dalamnya dilapisi karet sehingga tahan air. Permukaan keyboard juga dilapisi bahan teflon sehingga memudahkan aliran air. Jarak antar tuts dibuat lebih renggang sehingga remah-remah makanan yang jatuh di atasnya dapat dibersihkan dengan kuas kecil yang tersedia di bagian bawah keyboard. "Kalau pun air mengalir ke dalam, bisa keluar dari 120 drain holes," ujarnya.

Tidak seperti baju yang semakin sering dicuci warnanya semakin pudar, Logitech menjamin keyboard ini akan tetap tampak seperti baru. “Karakter pada keyboard didesain tidak akan pudar meski dicuci berulang kali,” tambahnya.

Untuk mencuci perangkat ini, pengguna dapat menggunakan air mengalir dengan suhu maksimal 50 derajat Celsius dan menutup USB port dengan penutup yang telah disediakan. Keyboard yang dibandrol Rp450 ribu itu juga dapat dicuci dengan menggunakan sabun, spons, atau sikat lembut seperti ketika mencuci piring. Dapat digunakan pada sistem operasi Windows XP, Windows Vista dan Windows 7.

Sementara itu dr Anis Karuniawati, Ketua Laboraturium Mikrobiologi FKUI, mengatakan, keyboard merupakan salah satu tempat berkumpulnya bakteri. “Terdapat 64 bakter pada setiap inci keyboard yang dapat berdampak negatif pada kesehatan kita,” ujarnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)