Tim Sauber F1 Gunakan NetApp sebagai Pondasi Storage

Kecanggihan teknologi informasi sangat penting dalam perlombaan Formula1 (F1).  F1 merupakan sebuah olahraga yang berfokus pada data, karena semua tim mengandalkan informasi real-time untuk membuat penyesuaian pada mobil dan strategi balapan. Dan data merupakan salah satu hal yang diandalkan oleh tim Sauber F1 dalam persaingan di lomba balap ini. Demi meningkatkan daya saing dalam hal itu, tim Sauber F1 pun  memilih NetApp sebagai pondasi storage-nya.

Platform FlexPod yang Digunakan di Balapan

“Setiap tim di F1 memacu mobil-mobil mereka hingga batas tertinggi, yang berarti batas untuk kesuksesan menjadi sangat tipis,” ujar Monisha Kaltenborn, CEO dan Pemimpin Tim Sauber Motorsport AG.

Dikatakan Kaltenborn, dengan melihat tingkat sumber daya yang dimiliki tim-tim lain, tim Sauber F1 pun menyadari bahwa tim harus berpikir dan bertindak berbeda demi menjadi juara di ajang F1. Bukan hanya kecepatan mobil saja yang perlu diperhatikan oleh Sauber F1. Tim pun berpandangan, infrastruktur TI juga harus memiliki kecepatan juga keluwesan.

Karena itu, tim ini pun menggunakan sebuah solusi data center FlexPod®, yang dikembangkan bersama-sama oleh Cisco dan NetApp, dan sebuah solusi NetApp® MetroClusterTM untuk keandalan, kemudahan, efisiensi, dan ketersediaan tinggi yang dibutuhkan untuk mendorong keberhasilan tim. Kaltenborn pun mengatakan, “NetApp memberikan sebuah pondasi TI yang bisa mengikuti kecepatan olahraga kami dan membantu kami mempercepat inovasi di mobil-mobil kami untuk menjadikan tim Sauber F1 sebuah tim terbaik.”

Bagi Sauber F1, penggunaan NetApp membantu tim dalam beberapa hal. Misalnya saja, untuk setiap putaran yang dilakukan mobil, 100 sensor individu di mobil menghasilkan data sebanyak 20-30MB, dan 3-4MB, dan dikirim ke platform FlexPod secara real-time. Data tersebut termasuk informasi mengenai ban, mesin, suhu, dan penggunaan bahan bakar yang kemudian digunakan oleh tim di pit untuk mengambil keputusan dalam strategi balapan. Lalu, sistem-sistem korporat tim Sauber F1 seluruhnya berjalan di sebuah solusi MetroCluster yang mendukung 40 aplikasi bisnis dan teknis yang tiap tahunnya menghasilkan data baru sebesar 20TB dan terus bertambah.

“Kemampuan Sauber F1 Team untuk mengumpulkan dan menganalisa data dalam jumlah yang sangat besar dan dengan cepat mengubahnya menjadi keunggulan persaingan merupakan bukti nyata dari pengaruh yang dihasilkan pondasi storage yang tepat. Solusi NetApp telah membantu mendorong keberhasilan Sauber F1 Team di sirkuit dan akan terus memungkinkan sebuah tingkat inovasi rancangan mobil yang akan memampukan mereka untuk lebih sering meraih podium di masa depan,” tambah Jay Kidd, Chief Technology Officer NetApp. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)