Tingkatkan Layanan Pasien, RS Mitra Keluarga Implementasi SAP Healthcare

Implementasi SAP Healthcare di RS Mitra Keluarga

Peningkatan layanan pada pasien terus dilakukan Rumah Sakit (RS) Mitra Keluarga. Tujuannya, Terutama agar pasien meradakan kemudahan dan kenyamanan dalam berobat, kecepatan dalam urusan administrasi, serta tidak ada lagi waktu yang terbuang karena menunggu terlalu lama. 

Untuk itulah jaringan rumah sakit ini mulai menerapankan solusi teknologi informasi baru guna menunjang terwujudnya upaya tersebut. Terlebih dengan makin luas dan banyaknya jaringan rumah sakit yang dikelolamaka dibutuhkan solusi terintegrasi yang memudahkan pengelolaan.

PT Mitra Keluarga Karya Sehat Tbk (MIKA) yang berdiri sejak 1989 kini sudah berkembang menjadi 22 rumah sakit yang berlokasi di Jabodetabek, Surabaya, Tegal, Cirebon dan Sukabumi.

Tentu saja pengelolaan jadi lebih kompleks karena dengan jumlah rumah sakit yang tidak sedikit, tidak memiliki sistem yang terintegrasi, sehingga proses di setiap rumah sakit berbeda-beda. Selain itu, urusan pembayaran, asuransi, dan bagian lain berdiri sendiri-sendiri. Hal ini membuat banyak proses menjadi lambat dan kurang efisien.

Menyadari hal ini, Mitra Keluarga mengadopsi solusi Genesis di salah satu rumah sakitnya di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan. Sistem yang diimplementasikan sejak 1 Maret 2019 ini berbasis SAP Healthcare, termasuk didalamnya SAP ERP, SAP Patient Management, dan SAP Cerner Clinical system. 

Sistem Genesis akan memiliki interface real time yang terhubung ke sistem penyedia asuransi seperti BPJS, In-Health dan beragam sistem kesehatan lainnya. Dengan implementasi ini, kelak setiap rumah sakit Mitra Keluarga akan memiliki medical records (EMR) secara terpusat di sistem SAP sehingga pasien dapat mengakses data kesehatannya dari rumah sakit dalam kelompok Mitra Keluarga secara langsung.

Setelah SAP Healthcare diterapkan, kelak setiap rumah sakit Mitra Keluarga akan memiliki catatan medis atau electronic medical records (EMR) secara terpusat di sistem SAP, sehingga data kesehatan pasien dapat diakses dari semua rumah sakit dalam kelompok MIKA. 

“Sistem yang terpadu ini dirancang untuk mendukung operasional seluruh rumah sakit Mitra Keluarga secara “end-to-end” mulai dari layanan medis, termasuk pengelolaan data medis secara elektronik, layanan pasien, farmasi sampai kepada sistem keuangan yang handal. Ketepatan waktu dan akurasi analisa data pasien dalam pelayanan kesehatan adalah wajib dan tidak dapat ditawar untuk menjaga patient safety dan quality care. Data processing secara real-time dan otomasi beberapa proses bisnis diharapkan dapat mewujudkan efisiensi operasional di seluruh jaringan Mitra Keluarga,”ujar Rustiyan Oen selaku CEO PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk.

Keseluruhan sistem Genesis dirancang dan dikembangkan oleh T-Systems, sebuah perusahaan sistem integrator global yang telah berpengalaman mengimplementasikan aplikasi kesehatan di berbagai rumah sakit di dunia. Pengembangan yang dilakukan bertahap sejak 2016 itu dibantu oleh tim yang terdiri dari para dokter, perawat, dan petugas administrasi dari Rumah Sakit Mitra Keluarga.

"Genesis merupakan aplikasi healthcare berbasis SAP yang pertama diterapkan di Indonesia. Sistem ini akan sangat membantu rumah sakit dalam menjalankan berbagai proses di dalamnya," kata Rustiyan Oen.

Sebagai bagian dari SAP Healthcare, Genesis juga menerapkan sistem antrean atau Queue management system dan Customer Loyalty Management system. Lewat sistem Queue Management, pasien akan bisa membuat janji dengan dokter melalui Portal, Kiosk, bahkan ponsel, karena sistem ini juga terintegrasi dengan WhatsApp.

"Sistem SAP Healthcare yang memiliki aliran informasi secara real time dan dilengkapi solusi pembayaran online ini akan menjadi platform digital, sehingga rumah sakit bisa melayani pasien dengan lebih efisien," tambah Rustiyan Oen.

Setelah menerapkan Genesis, RS Mitra Keluarga diharapkan akan bisa menjalankan berbagai fungsi dengan lebih baik melalui sistem yang seragam. Berbagai data bisa diakses oleh bagian-bagian berbeda dalam rumah sakit, bahkan antar rumah sakit sehingga berbagai proses dapat diselesaikan jauh lebih cepat.

"Dengan sistem ini, aliran data real time ke berbagai bagian akan membuat semua proses menjadi lebih cepat. Resep yang baru diketik oleh dokter misalnya, akan langsung diterima bagian farmasi pada saat yang sama sehingga obat bagi pasien bisa segera disiapkan. Sementara bagian billing bisa langsung memproses administrasinya, atau asuransinya bila diperlukan. Semua ini akan menghemat banyak waktu dan tenaga," ujar Sameer Salunkhe, Head of Delivery T-Systems, Asia South.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)