Tokko Sediakan Jasa Membangun Website untuk UMKM

Salah satu satu upaya UMKM naik kelas selain mendigitalisasi transaksi, memanfaatkan digital marketing, dan masuk ke platform e-commerce adalah membuat website sendiri. Dengan website, pelaku usaha mendapatkan kesempatan lebih luas untuk menjangkau konsumen. Hal inilah yang menjadi dasar berdirinya Tokko, sebuah platform yang memungkinkan pelaku UMKM membangun website mereka sendiri.

Membangun website sendiri, sebut VP Head of Community Tokko Bobby Silalahi, memiliki keunggulan dibandingkan bergabung ke dalam e-commerce. Menurutnya, memiliki website sendiri mencegah UMKM terlibat perang harga. Ia menyebut, e-commerce serupa pujasera, di mana konsumen dihadapkan pada beragam pilihan sehingga UMKM harus berkompetisi.

“Tokko akan membuatkan mereka website pribadi. Tetapi experience berbelanja di Tokko tidak berbeda dengan e-commerce. Misalnya sudah ada jasa ekspedisi dan payment getaway seperti ShopeePay, DANA, dan GoPay yang terhubung di dalam Tokko,” jelas Bobby pada media sharing, Senin (15/11/2021).

Pelaku UMKM bisa memasang link katalog Tokko mereka di platform media sosial mana saja. Namun ketika bertransaksi, konsumen langsung diarahkan ke Tokko.

Bobby menegaskan, UMKM bisa menikmati layanan Tokko secara gratis mulai dari mendaftar sampai set up website. Mereka akan dikenakan biaya layanan transaksi dengan besaran tak lebih dari 5%.

Untuk mendukung UMKM, Tokko juga menghadirkan Tokko Semesta, yaitu program komunitas pelatihan bisnis online yang berbentuk webinar harian dan kegiatan offline yang menghadirkan pakar-pakar relevan.

“Program Tokko Semesta levelnya berjenjang mulai dari pemula hingga lanjutan. Kami berkomitmen untuk mendukung langkah UMKM. Setiap yang ikut program Tokko Semesta, mereka langsung bisa menikmati layanan asisten bisnis 24 jam. Mereka bisa kontak kami di Instagram atau WhatsApp Group. Untuk menjamin bahwa dukungan kami bukan hanya di awal, kami juga mengadakan FGD dengan merchant untuk mendapat input,” jelas Bobby.

Dengan adanya website pribadi bagi UMKM yang dilengkapi dengan katalog, Tokko tidak hanya wadah untuk menjual produk tetapi juga bisa dimanfaatkan oleh pelaku jasa. Terlebih saat ini ketika akses akan produk dan jasa lewat internet menjadi masif dan semakin mudah.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)