5 Tren Utama Lanskap IT dalam Bisnis

Hubert Yoshida, Vice President Global CTO Hitachi Data Systems, membagikan pandangannya mengenai tren IT di tahun 2016 ini (23/2). Salah satu pemicu dari tren tersebut adalah maraknya penggunaan cloud sebagai basis data center. Hubert mengaku, berkembangnya cloud memang menjadikan penggunaan teknologi IT dalam bisnis semakin dinamis efisien.

Menurut Hubert, biaya infrastruktur tradisional bisa berkurang hingga 80% jika sebuah perusahaan menerapkan teknologi cloud untuk data centernya. "Dulu memang alokasi dana untuk mengembangkan divisi IT dalam sebuah bisnis banyak disedot oleh infrastrukturnya. Tapi saat ini, dengan berkembangnya teknologi cloud, maka infrastruktur IT tidak perlu banyak memakan biaya lagi dan alokasi sumber daya dicurahkan pada pengembangan aplikasi untuk end user," tutur Hubert.

Upaya untuk membuat konsumen senang mendapat bajet ekstra, tentu merupakan langkah strategis yang baik bagi bisnis. Hubert yakin bahwa pentingnya bagi sebuah perusahaan untuk update sistem digital, menjadikan transformasi di sektor ini sebagai hal yang utama di tahun 2016

Hubert menyampaikan tren IT APAC 2016

"Transformasi digital menjadi isu dalam bisnis. CIO sekarang bukan hanya posisi yang memerjuangkan perubahan digital, tapi posisi dan divisi lain juga," ujar Hubert. Misalnya, seorang CMO merasa bahwa pemasaran tradisional sudah tidak efektif lagi, maka CMO pun berhak ikut terjun dalam merubah arah pemasaran menjadi lebih modern melalui digitalisasi.

Hubert menjelaskan bahwa ada 5 trend utama yang akan membentuk lanskap IT dan bisnis di Asia Pasifik pada tahun 2016. Yaitu transformasi digital, kota pintar, cross model IT, multicloud, dan terbatasnya keterampilan.

1. Tren Transformasi Digital

Perusahaan tradisional akan menjadi digital native. Melalui perbincangan dengan beberapa CIO di kawasan APAC, Hubert mengaku bahwa para CIO percaya aliran pendapatan perusahaan akan lebih banyak yang bersumber dari jalur digital.Menurut laporan Gartner CIO Agenda Insights, tahun lalu hanya ada 16% CIO yang berharap untuk mendapatkan aliran pendapatan bisnis melalui jalur digital, namun tahun ini angka tersebut meningkat menjadi 37%.

2. Korporasi akan ikut berperan dalam membangun kota pintar (smart city)

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)