Transaksi Non Tunai McDonald’s Naik 4 Kali Lipat

Layanan drive-thru McDonald's. (sumber: Flickr)

Adopsi transaksi digital atau non tunai merupakan salah satu upaya dalam mengurangi penyebaran virus corona. Dalam kondisi ini, Youtap sebagai perusahaan penyedia solusi digital untuk para merchant menemukan relevansinya dalam mendukung inisiatif transaksi digital.

Youtap telah mengembangkan solusi digital untuk McDonald’s Indonesia, yang sudah terintegrasi dengan beberapa penerbit uang elektronik seperti LinkAja dan ShopeePay dan juga dengan aplikasi reward Cashbac. Solusi dengan scanner khusus ini telah terintegrasi untuk transaksi di kasir counter, self ordering kiosk (SOK), dan drive-thru. Metode transaksi ini dianggap aman digunakan pada saat pandemi Covid-19 karena transaksi dilakukan tanpa kontak dan pertukaran media.

Yanti Lawidjaja, Direktur IT dan Keuangan dari McDonald’s Indonesia, mengatakan, solusi digital non-tunai dari Youtap mendukung inisiatif non tunai kami dan memberikan keleluasaan kepada pelanggan dalam melakukan pembayaran. Dengan transaksi yang cepat dan aman melalui solusi Youtap ini. Pihaknya juga melihat kenaikan yang signifikan untuk penggunaan non tunai pada transaksi drive-thru di masa pandemi ini.

Berdasarkan data yang tercatat oleh Youtap Indonesia, kenaikan pada transaksi non-tunai pada layanan drive-thru McDonald’s ini mulai terjadi semenjak minggu pertama pengumuman pandemi, yang sekarang porsinya naik hingga 4 kali lipat dengan rata-rata nilai transaksi hariannya naik hingga sekitar 170 persen. Saat ini, McDonald’s menitikberatkan pada layanan McDelivery, drive-thru dan take-away yang semuanya tanpa kontak langsung untuk mendukung langkah pemerintah dalam melakukan social distancing guna mencegah laju penyebaran Covid-19.

Herman Suharto, CEO Youtap Indonesia, menambahkan bahwa dengan diberlakukannya status PSBB di beberapa kota dikarenakan pandemi ini, pihaknya tetap memberi dukungan penuh, termasuk untuk penambahan pembayaran lainnya di McDonald’s dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Youtap juga mencatat adanya kenaikan transaksi non-tunai pada
merchant-merchant lainnya di seluruh Indonesia hingga 129 persen, menyusul perubahan kebiasaan konsumen yang lebih memilih pembayaran non-tunai di masa pandemi Covid-19. Berbagai solusi bisnis yang dihadirkan oleh Youtap untuk para merchant-nya meliputi proses transaksi dan metode pembayaran non-tunai, laporan dan pembukuan, analisa penjualan, pengelolaan inventori, serta berbagai manfaat dan solusi bisnis lainnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)