Transaksi Shopee di Indonesia Terbesar di ASEAN

IMG_4558

Marketplace berbasis aplikasi mobile, Shopee, resmi diluncurkan. Sebelumnya Shopee sudah mengadakan soft launch di bulan Juni 2015 di beberapa negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Di  kuartal ke-3 2015, penjualan melalui perangkat mobile di Indonesia mencapai 56%, sedangkan perkembangan penjualan global ritel e-commerce di Indonesia diperkirakan akan meningkat 64,3% di 2016 yang merupakan lonjakan persentase tertinggi di dunia.

Selain itu, Indonesia telah meraih 79 juta pengguna sosial media yang aktif di tahun 2015, dan hampir 65% orang Indonesia menggunakan sosial media untuk membeli dan menjual barang.

Berbeda dengan marketplace lainnya yang memulai dengan versi desktop terlebih dahulu, Shopee berfokus kepada aplikasi mobile. “Shopee ingin mengambil bagian dalam pertumbuhan e-commerce di Indonesi dengan membawa pengalaman berbelanja social commerce yang mengintegrasikan penggunaan media sosial dan online shopping platform untuk mendukung interaksi sosial antara penjual dan pembeli,”  ujar Chris Feng, Chief Executive Officer Shopee.

Sejak diluncurkan Juni 2015, aplikasi Shopee sudah diunduh sebanyak 1,3 juta kali di Indonesia. Saat ini sudah ada 700 ribu listing dan setiap bulannya terdapat 100 ribu transaksi. Jumlah ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Shopee antara lain fungsi Live Chat memungkinkan pengguna untuk berbelanja dan berkomunikasi sesuai dengan kenyamanan mereka. Dirancang untuk mewujudkan platform social commerce, Shopee mengintegrasikan fitur sosial mencakup fungsi hashtag, yang memungkinkan pengguna mencari tren barang/produk yang sedang populer atau untuk mengikuti tren terbaru secara mudah. Mereka akan menerima update secara real-time, sama dengan platform media sosial lainnya.

Untuk mengurangi terjadinya penipuan dan risiko transaksi dalam berbelanja online, Shopee menyediakan fasilitas Garansi Shopee. Pembeli mendapatkan jaminan bahwa mereka akan menerima pesanan mereka sesuai dengan yang dijanjikan dan diiklankan, atau uang mereka akan dikembalikan.  Untuk penjual, disediakan fitur Asisten Penjual yang dapat mengetahui produk mana yang harus distock atau didiskon. Pembeli juga bisa menawar harga melalui fitur tawar.

“Tim kami ingin menciptakan sebuah pengalaman konsumen-ke-konsumen (C2C) yang aman, menyenangkan dan praktis dengan mengintegrasikan platform sosial. Dengan fitur live chat, berbagi (social sharing) dan hashtag, platform kami telah membawa marketplace yang benar-benar social secara langsung,” jelas Chris.

Guna menyambut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember, Shopee dan Kincir.com akan bekerja sama dengan 12 artis yang akan membuka toko pribadinya di Shopee mulai dari 12 Desember 2015. Selebriti yang akan berpartisipasi dalam kampanye ini adalah Giring, Raisa, Tulus, Marcello Tahitoe (Ello), Andah n Rhesa, Ayushita, Saykoji, Teddy Aditya, Eva Celia, Midnight Quickie, Maliq & D’Essentials dan Lala Karmela. (EVA)

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)