Technology

Traveloka Tawarkan Kemudahan Berwisata

Traveloka Tawarkan Kemudahan Berwisata

Industri pariwisata akan semakin maju dengan beragam kemudahan yang diberikan pemerintah hingga pelaku usaha terkait. Di mata Head of Partnership Traveloka, Tantia Dian Permata Indah, kemudahan adalah yang utama.

Infrastruktur yang memadai akan memudahkan wisatawan mencapai obyek wisata yang dituju. Itulah kenapa pemerintah perlu menggalakkan pembangunan infrastruktur untuk menumbuhkembangkan ratusan destinasi wisata di Tanah Air. Itu belum termasuk ribuan Desa Wisata yang potensial menarik kunjungan jutaan wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Dari sisi kami sebagai agen perjalanan, infrastruktur yang baik sangat membantu. Untuk hotel, kemudahan akses juga sangat penting. Jika semua sudah terintegrasi dengan baik, tentu perkembangan pariwisata Indonesia akan terus meningkat,” katanya.

Tantia Dian Permata Indah, Head of Partnership Traveloka

Tantia Dian Permata Indah, Head of Partnership Traveloka

Hal serupa juga dilakukan Traveloka yang telah merilis aplikasi khusus untuk memudahkan para pelancong mengunjungi destinasi wisata favorit. Mereka bisa dengan mudah memesan tiket pesawat dan kamar hotel lewat smartphone yang telah memiliki aplikasi Traveloka.

Traveloka App mampu mencari rute pesawat domestik dan internasional seperti Garuda Indonesia, Citilink, Air Asia dan lainnya, serta ribuan hotel langsung dari genggaman tangan hanya dalam hitungan detik.

“Visi Traveloka adalah memudahkan setiap orang untuk melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain. Kami juga sudah membuka kerjasama dengan sekitar 3.000 hotel di beberapa daerah wisata utama,” katanya.

Untuk memenuhi hasrat berwisata yang tinggi di kalangan pebisnis maupun traveler, Traveloka juga selalu meng-update destinasi pariwisata yang menarik namun belum banyak dikunjungi. Dengan demikian, ada banyak pilihan untuk para pelancong memilih obyek wisata yang baru.

“Kami membidik semua elemen. Dari pebisnis, leisure traveler, hingga traveler yang membidik diskon tertentu. Kami aktif melakukan promosi lewat iklan di TV,” ujarnya.

Menurut Tantia, iklan di TV lebih mendidik para pemirsanya untuk melakukan layanan via online yang saat ini kian nyaman. Traveloka juga berpromosi melalui media sosial. Permintaan yang masuk bisa langsung direspons. Untuk anggota berlangganan, ada juga newsletter yang berisi informasi diskon terbaru dan lainnya.

“Meskipun baru dua tahun, Traveloka telah mengalami perkembangan yang pesat. Namun, angkanya belum bisa di-share. Ini tak lepas dari perkembangan produk dan pengembangan pasar yang dilakukan perseroan. Kami juga punya customer service yang bisa dihubungan selama 24 jam,” ujarnya.

Untuk destinasi favorit, lanjut dia, obyek-obyek wisata di Jakarta, Surabaya, Bali, Medan, dan Makassar masih lebih banyak dipilih wisatawan. Tak hanya kemudahan memesan tiket pesawat dan kamar hotel, Traveloka juga memberi kemudahan dalam pilihan metode pembayaran. Konsumen dapat melakukan pembayaran lewat kartu kredit, internet bangking, hingga transfer melalui ATM.

Aplikasi Traveloka juga ramah lingkungan karena konsumen tidak perlu mencetak e-tiket atau voucher hotel. Cukup dengan menunjukkannya melalui smartphone kepada petugas saat check-in di bandara atau hotel. (***)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved