Trend Micro Dorong Keamanan Dunia TI

Meningkatnya jumlah perangkat yang terkoneksi dan terintegrasi dengan internet mengubah perilaku pengguna dalam mengakses dan mengintegrasikan teknologi ke dalam seluruh aspek khidupan. Tingginya potensi pengadopsian Internet of Things (IoT) serta pemanfaatan Internet Connected Devices, Personal Clouds, Wearable Technology, Big Data, Software Defined Computing telah memunculkan tantangan keamanan baru.

DSC_0187

Dhanya Takkar, Trend Micro Managing Direktor SEA & India, menyampaikan bahwa saat ini telah memasuki era IoT, sehingga ancaman keamanan dan privasi informasi semakin meningkat. "Meningkatnya pengadopsian teknologi berbasis cloud memperlebar peluang bagi para penjahat cyber untuk beraksi. Oleh karena itu, perspektif pengguna dalam hal pertahanan keamanan terkait pemanfaatan teknologi perlu ditingkatkan," ujarnya.

Pentingnya edukasi bagi para profesional di bidang IT mengenai solusi keamanan yang relevan yang mampu mencegah berbagai ancaman keamanan dan provasi informasi yang saat ini semakin meningkat.

Tercatat hingga Juli 2014, sebanyak lebih dari 10 juta serangan telah dilakukan dan menyasar data pribadi para pengguna internet. Dilaporkan pula bahwa pertengahan Juli 2014 telah terjadi lebih dari 400 insiden pembobolan data.

Di Indonesia sendiri selama kuartal kedua tercatat adanya peningkatan jumlah malware yang menyasar perbankan online sebesar 224% dibandingkan dengan kejadian kuartal pertama. Selain itu dilaporkan pula bahwa Indonesia menduduki peringkat pertama di kawasan Asia Tenggara dengan aktivitas botnet tertinggi, yaitu sebesar 59% dari total koneksi botnet yang terdeteksi.

"Perusahaan harus menempatkan keamanan informasi perusahaan di posisi yang sangat penting dalam kerangka strategi bisnis jangka panjang, bukan lagi hanya sekedar menjadikannya sebagai isu keamanan yang harus ditanggulangi," ujar Rik Ferguson, Trend Micro Global VP of Security Research.

Menurutnya, perusahaan wajib untuk memiliki strategi keamanan yang diracang dari hasil kajian keamanan yang menyeluruh dan mendalam serta memahami pentingnya penerapan perlindungan dan keamanan bisnis yang semakin meningkat. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)