Trik Microsoft Rengkuh Segmen Keluarga

Bila selama ini produk aplikasi perkantoran Microsoft dianggap mahal, Office 365 Home Premium patut dicoba. Mengandalkan komputasi awan, layanan ini merambah segmen konsumen khususnya keluarga. Microsoft menjual satu lisensi Office 365 untuk 5 perangkat seperti tablet Windows, PC, maupun Mac. Harapannya, satu lisensi itu bisa dipakai seluruh anggota keluarga. Produk tersebut dijual secara berlangganan Rp 729.999 per lisensi per tahun.

 

Karena berbasis cloud, Office 365 Home Premium mengandalkan koneksi internet untuk penggunaan yang optimal. Untuk Home Premium, pengguna bisa memperoleh paket aplikasi Office terbaru dan terlengkap yaitu Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Outlook, Publisher, dan Access. Pengguna pun memperoleh tambahan ruang penyimpanan di SkyDrive sebesar 20 gigabit serta bonus 60 menit waktu panggilan melalui Skype setiap bulan.

“Karena dia cloud, Office 365 sudah terupgrade, pengguna tinggal menerima karena sistemnya berlangganan. Jadi pengguna selalu menggunakan versi yang paling mutakhir di Office 365,” kata Andreas Diantoro, Presiden Direktur Microsoft Indonesia.

Dalam konferensi pers Selasa (12/2), Bonnie Mamanua, Business Group Head Divisi Microsoft Office untuk Microsoft Indonesia menuturkan bahwa sebelum waktu berlangganan habis, pengguna akan diingatkan sistem Microsoft. Apabila pengguna tidak memperpanjang masa berlangganan, ia hanya bisa membaca dan mencetak dokumen Office tanpa melakukan perubahan apapun. Inilah yang membedakan Office 365 dengan versi perpetual. Satu lisensi Office perpetual hanya bisa digunakan untuk satu device. Namun, paket aplikasi tersebut tidak memiliki batasan waktu.

Di Indonesia, Office 365 menyasar segmen keluarga yang memungkinkan mereka bekerja di mana saja dengan beragam device dan berbagi lisensi. Produk ini dijual eceran di ritel teknologi seperti Pazia, IT Gallery, atau Bhinneka.com. “Dalam tiga bulan ke depan, sudah ada di 500 toko di Indonesia,” lanjut Andreas. Rencananya, Office 365 akan dipasarkan secara bundling pula dengan 7 OEM terkemuka. Sehingga ketika membeli laptop, misalnya, konsumen juga mendapatkan sistem operasi Windows dan paket aplikasi Office. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)