UKP4 Meluncurkan Open Data Pemerintah Indonesia

Melalui acara bertajuk Indonesia 2.0: Kolaborasi untuk Inovasi, Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) meluncurkan open data Pemerintah Indonesia: Portal Data Indonesia.

portal

Portal yang bisa diakses oleh masyarakat luas melalui http://data.id tersebut merupakan sebuah alat untuk mewujudkan prinsip masyarakat terbuka dan pemerintahan yang akuntabel. Portal Data tersebut adalah perwujudan sekaligus untuk mencanangkan Gerakan Data Terbuka Indonesia sebagai bagian dari gerakan Open Government Indonesia (OGI).

Portal Data Indonesia dibangun dan dikembangkan untuk menjawab keinginan publik dalam mendapatkan data resmi pemerintah secara lebih cepat, mudah, dan terpercaya. Sekitar 700 kumpulan data (dataset) dari 23 institusi telah dihimpun dan dipublikasikan di portal tersebut, termasuk data dari dua Pemda pelopor: Pemprov DKI Jakarta dan Pemkab Bojonegoro.

Keseluruh dataset mencakup sejumlah topik, antara lain: ekonomi, pendidikan, kependudukan, energi, kesehatan, dan pengadaan.

Data-data portal disediakan dalam format elektronik agar dapat diunduh secara gratis dan mudah diolah oleh siapapun. Melalui prakarasa ini, jumlah data diharapkan terus bertambah dan tetap aktual sehingga meningkatkan animo masyarakat dalam memberikan saran terkait data publik untuk disajikan dalam Portal Data Indonesia.

Tara Hidayat, Deputi IV UKP4, mengatakan bahwa ekosistem data terbuka hanya bisa tercipta jika terdapat kolaborasi sinergis antara pihak terkait. “Tantangannya sekarang bagaimana menjaga aspek kesinambungan dan aspek kualitasnya,” ujarnya.

Menurut Rodrigo Chavez, Country Director The World Bank Indonesia, Data publik yang bisa diakses secara daring itu adalah langkah awal yang sangat baik karena menjadi solusi bersama atas pembangunan berkesinambungan dan harmonis di Indonesia. “Upaya ini harus terus dilanjutkan agar data-data tersebut selalu termutakhirkan dan bernilai tambah,” imbuhnya.

World Bank adalah mitra UKP4 dalam pengembangan portal Data Terbuka, antara lain dengan membantu menyediakan dukungan teknis peningkatan kapasitas kepada Pemerintah Indonesia dan juga di lebih dari 20 negara.

Portal Data Indonesia untuk pertama kali dicanangkan oleh Presiden Yudhoyono dalam Konferensi Regional Asia-Pasific Open Government Partnership (OGP) di Bali, Mei 2014. Keberadaan portal ini diyakini akan memperkuat inovasi-inovasi pelayanan publik lain dari inisiatif OGI, seperti portal satulayanan.net, satupemerintah.net, tanahair.indonesia.go.id, dan lapor.ukp.go.id.

Gerakan OGI dikawal oleh Tim Inti OGI yang terdiri dari UKP4, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Komisi Informasi Pusat, Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran, Pusat Telaah dan Informasi Regional (PATTIRO), Indonesian Center for Environmental Law, Transparency International Indonesia, Gerakan Anti Korupsi Aceh, JARI Indonesia, dan Komite Pemantau Legislatif Makassar. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)