Wi-Fi Indosat Akan Lejitkan Konsumsi Data di 121 Gerai 7 Eleven

PT Indosat Tbk. bermaksud mengaktifkan Super Wi-Fi sampai di ribuan titik. “Pengguna data makin lama makin banyak. Namun, tidak ada satu pun operator yang bisa memberikan good data experience hanya dengan jaringan seluler. Pasti terbatas,” kata Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat .

Alexander Rusli (tengah, berkemeja kuning) menjelang uji coba Super Wi-Fi.

Menggunakan mekanisme yang makin kreatif, operator telko yang merupakan anak perusahaan Ooredoo ini mencari tempat yang mewadahi perilaku pengguna. Contohnya, mengakses jejaring sosial saat nongkrong dan menonton video streaming seraya menunggu angkutan umum. Tujuannya hanya satu, agar orang menggunakan data lebih banyak.

Tak heran, Indosat mengaktifkan Super Wi-Fi hanya di ruang-ruang yang potensial bagi pengguna ponsel pintar untuk mengakses data. Di stasiun, halte TransJakarta, kampus, dan convenience store. Jika transmisi data memuaskan, tentu pengguna tak segan mengkonsumsi lebih banyak data.

Langkah Indosat menggandeng PT Modern Putra Indonesia, pengelola gerai 7 Eleven di Jabodetabek, sebagai titik akses Super Wi-Fi tentu strategis. Jumlah keseluruhan 7 Eleven mencapai 121 gerai yang tersebar di Jabodetabek. “Hari ini, Super Wi-Fi sudah beroperasi di 90 gerai. Ditargetkan Super Wi-Fi akan terpasang di semua 7 Eleven akhir bulan April ini,” ujar Neneng Sri Mulyati, Marketing and Public Relations Division Head.

Neneng melanjutkan, Indosat memulai instalasi Super Wi-Fi di gerainya sejak awal tahun 2013. Tahap operasional pertama sudah bisa berjalan bulan April ini.

Maka, meski jumlah pelanggan Indosat belum bertambah signifikan, Alex tetap bertekad memperbesar porsi penggunaan data (data usage) yang terhitung kecil untuk taraf Wi-Fi, yakni sekitar 800 MB-1 GB sebulan.

Awak Indosat IM2 melakukan uji kecepatan akses internet di depan awak media.

Sebatas akhir tahun ini, Super Wi-Fi akan terus ditambah hingga di 5000-6000 titik akses. Namun, Indosat tidak ambisius. “Saya tidak mau terlalu cepat. Di tempat-tempat yang sudah dipasangi Super Wi-Fi selama 3 bulan terakhir, perilaku traffic pengguna harus dipelajari lagi,” kata Alex menerangkan target pengadaan fasilitas nirkabel yang sudah aktif di 2700 titik itu.

Selain Indosat, pelanggan operator seluler lain seperti XL Axiata dan Telkomsel juga bisa menikmati Super Wi-Fi dengan cara membeli voucher akses. Begitu masa promosi berakhir, fasilitas tersebut akan mulai berbayar, tepatnya selepas 31 Mei 2013. Namun, tarif akses belum ditentukan oleh Indosat. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)