X-Ray Scanner Antisipasi Ancaman Terorisme

Ancaman tindakan teroris di kota-kota besar di Indonesia cukup mencemaskan. Menurut data Global Terrorism Index tahun 2012, Indonesia menempati peringkat ke-29 dari 87 negara di dunia dalam hal jumlah tindakan terorisme. Banyak tindakan teroris di beberapa wilayah Indonesia tidak bisa dicegah karena sistem pengamanan yang kurang maksimal. Sebagian besar masyarakat Indonesia belum menyadari akan ancaman teror yang dapat terjadi kapan saja dan tidak pandang target atau tempat.

Hal ini mendorong PT Senjaya Solusi Sekurindo (SSS) untuk bersinergi dengan Smiths Detection dalam memperkenalkan peralatan X-Ray Scanner handal, seperti Hi-Scan 5030si, Hi-Scan 6040i, Hi-Scan 7555i, dan Hi-Scan 100100T, serta Explosive Detector seperti Sabre-5000 dan IonScan500DT.

x-ray scanner

Hi-Scan menggunakan teknologi X-Ray berbasis Heimann X-Ray Technology, sebagai scanner untuk mendeteksi secara visual semua perlengkapan atau peralatan yang dibawa masuk pada suatu area terbatas. Produk-produk besutan Smiths Detection ini dapat digunakan di gedung-gedung perkantoran, hotel, mal, apartemen, bandar udara, bank, instansi pemerintah maupun swasta, area industri, hingga site plant pertambangan atau minyak dan gas.

X-Ray Scanner ini dapat menampilkan benda yang di-scan pada layar monitor, termasuk bahan atau jenis material dari benda tersebut, seperti apakah benda tersebut berbahan non-organik (logam), berbahan organik, atau berbahan sintetis. Selain itu, perangkat dapat pula mendeteksi benda-benda yang bersifat sebagai bahan peledak, ataupun bahan narkoba. Bila dilengkapi dengan Explosive Detector, maka akan menjadi perpaduan sistem inspeksi pengamanan yang lengkap untuk area-area yang penting.

“Kemampuannya dalam menampilkan gambar pada layar monitor besar secara real time serta beresolusi tinggi mendukung pekerjaan operator untuk memonitoring barang bawaan para tamu secara efektif. Kami optimistis dapat melayani dengan baik permintaan pasar di Indonesia karena Hi-Scan dirancang dengan teknologi prosesor high-end, dan transmisi sinyal digital berkecepatan tinggi yang telah terbukti handal sejak dulu. Prioritas kami adalah meningkatkan keamanan area atau gedung sehingga masyarakat dapat merasa aman dan nyaman beraktivitas di area gedung tersebut karena telah dilakukan proses inspeksi keamanan yang sangat baik, serta tidak perlu merasa terlalu cemas akan ancaman tindakan teroris walaupun masyarakat harus tetap waspada,” ujar Jeffrey Liong, Presiden Direktor PT Senjaya Solusi Sekurindo, di Jakarta, Senin (3/2/2014).

Adapun fitur unggulan Smiths Detection, yaitu:

1. HI-SCAN 5030si adalah X-Ray Scanner yang compact untuk men-scan objek berukuran standar, seperti tas bawaan, tas laptop, dan lainnya. Di Indonesia, perangkat ini banyak diaplikasikan di gedung-gedung perkantoran, mal, hotel, dan area lainnya, dan sudah mencapai lebih dari 100 unit pemasangan di Jakarta dan sekitarnya.

2. HI-SCAN 6040i adalah X-Ray Scanner berukuran tunnel 60 cm tinggi, 40 cm lebar, yang dapat digunakan untuk men-scan tas bawaan atau objek lainnya yang lebih besar seperti tas atau objek yang diperkenankan masuk ke dalam kabin pesawat. Selain di bandara, biasanya diaplikasikan di gedung-gedung perkantoran dan kawasan industri.

3. HI-SCAN 7555i adalah X-Ray Scanner berukuran tunnel 75 cm tinggi, 55 cm lebar. Di Indonesia banyak diaplikasikan di lobby utama hotel untuk men-scan objek yang dibawa para tamu hotel.

4. HI-SCAN 100100T adalah X-Ray Scanner berukuran tunnel 100 cm tinggi, 100 cm lebar. Selain digunakan di bandara untuk men-scan objek yang masuk ke bagasi pesawat, dapat juga diaplikasikan di area loading gedung-gedung dan lainnya.

5. Sabre-5000 dan IonScan500DT adalah Trace Detector yang dapat mendeteksi partikel-partikel dengan menggunakan teknologi Ion Mobility Spectrometry (IMS). Sabre-5000 adalah tipe Handheld yang sangat ‘handy,’ dapat mendeteksi bahan peledak, narkotik, atau bahan kimia berbahaya. Sedangkan IonScan500DT adalah tipe Desktop dengan teknologi Dual IMS yang dapat mendeteksi secara bersamaan bahan peledak dan narkotik.

Peralatan-peralatan tersebut sudah dipasarkan sejak belasan tahun yang lalu di Indonesia. Dan, seiring dengan semakin tingginya ancaman teroris, maka kebutuhan akan peralatan-peralatan tersebut meningkat. Sampai dengan saat ini, produk Smiths Detection tersebut telah terpasang di lebih dari 150 unit area komersial dan industrial (di luar bandara dan militer).

Selaku Authorized Distributor Smiths Detection yang terdaftar resmi pada Kementerian Perdagangan, SSS senantiasa berusaha untuk memberikan pelayanan optimal kepada calon dan para pelanggannya. "Untuk memenuhi kebutuhan pasar dan masyarakat Indonesia di tahun 2014 ini, kami telah mengalokasikan investasi kami untuk melakukan pre-order kepada principal kami terhadap beberapa peralatan-peralatan tersebut, sehingga yang semula lead-time pengadaan barang ini yang sekitar 4-5 bulan, dapat menjadi lebih cepat, dengan hanya berkisar di bawah 2 bulan."

Terlebih lagi, sejak tahun 2013, Smiths Detection telah membuka pabrik ketiga untuk produk X-ray Scanner di Johor Bahru, Malaysia, untuk memberikan pelayanan pengadaan yang jauh lebih cepat bagi kawasan Asia. Adapun dua pabrik lainnya ada di Jerman dan Amerika Serikat.

Berdasarkan fakta ini, ditambah dengan keunggulan dan kehandalan peralatan-peralatan tersebut, SSS yang juga memiliki team service khusus peralatan-peralatan ini yang telah dilatih oleh Smiths Detection dan memiliki sertifikat dan lisensi dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), optimistis dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan membantu program pemerintah dalam meningkatkan keamanan di Indonesia. Selain melakukan konsultasi dan penjualan barang, sesuai permintaan pasar, perusahaan juga dapat memberikan pelayanan penyewaan terhadap peralatan-peralatan tersebut. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)