YouTube Versi Indonesia Diluncurkan

Akibat dari penetrasi internet ke masyarakat makin tinggi, lagi-lagi Indonesia mendapat perhatian besar dari salah satu situs yang memiliki label global. Kali ini, situs komunitas sharing online terbesar di dunia, YouTube, tertarik untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat di Indonesia, dengan meluncurkan layanan lokal khusus bagi Indonesia. YouTube versi Indonesia ini secara resmi diluncurkan pada hari ini, Kamis (14/6).

YouTube versi lokal ini sendiri nantinya akan menawarkan beberapa hal yang lebih mengedepankan konten lokal dalam penyajian situs ini. Situs yang dapat diakses melalui www.youtube.co.id ini secara umum hanya memiliki perbedaaan di bagian teknis pengoperasiannya. Pada YouTube versi Indonesia ini, pengguna akan lebih mudah menemukan konten-konten atau video-video dari Indonesia ataupun yang relevan dengan Indonesia.

Dengan diluncurkannya versi Indonesia ini, YouTube akan lebih mem-push video-video dari Indonesia, baik itu dari individu, artis, musisi, destinasi bahkan sampai ke korporasi-korporasi. Sehingga, para pengguna YouTube di Indonesia akan lebih mudah mencari konten-konten yang berasal dari Indonesia.

Kalau YouTube secara umum bisa kita ibaratkan dengan laut yang cukup luas dengan ribuan video atau konten di dalamnya. Kita akan lebih sulit mencari video-video yang berasal atau relevan dengan Indonesia. Dengan versi lokal ini, di halaman terdepan nya saja yang muncul pertama kali langsung konten-konten Indonesia,” ujar Rudy Ramawi, Country Head, Google Indonesia.

Adam Smith, Director of Product Management YouTube, menambahkan, pengguna YouTube di Indonesia merupakan bagian besar dari 70% penonton YouTube yang berasal dari luar Amerika Selatan. “Penonton YouTube di Indonesia bahkan mampu menghabiskan puluhan juta jam perhari. Angka tersebut bagi kami merupakan catatan yang cukup mencengangkan,” tambah pria yang sudah bergabung dengan Google sejak tahun 2003 ini.

Baik Rudy dan Adam, keduanya berharap dengan diluncurkannya YouTube versi Indonesia ini dapat memberik dampak positif bagi masyarakat di Indonesia. Dengan peluncuran ini, diharapkan mampu meningkatkan pengembangan komunitas lokal Indonesia di dalam komunitas global YouTube. Sehingga, seluruh lapisan masyarakat di Indonesia mampu menjadikan YouTube sebagai platform untuk lebih memperkenalkan Indonesia ke masyarakat global.

 “Dengan adanya YouTube versi Indonesia ini, kami harap dapat memacu para penggiat konten Indonesia supaya lebih mengedepankan, baik produktivitas maupun kualitas nya,” tandas Rudy. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)