YukKulak Permudah Retailer Belanja Online Lewat Private B2B E-commerce

Ilustrasi aplikasi Distribution Management System (dok. Firmus Solusindo)

Di era digital ini sudah menjadi suatu keharusan bagi para supplier, manufaktur atau distributor yang menjual produknya ke general trade untuk memanfaatkan teknologi. Tujuannya, agar mereka dapat melayani pelanggannya itu dengan lebih baik, lebih cepat, lebih efisien, sehingga dapat berkompetisi dengan lebih baik.

Apalagi penyedia solusi e-commerce dan perusahaan startup, mulai merambah ke segmen pasar retail. Mereka menyediakan IT platform untuk memberi kemudahan pada retailer membeli barang dagangannya dengan harga yang kompetitif, pengiriman barang dilakukan dengan cepat, dan pembayarannya secara digital. Mereka telah menjadi “digital distributor” yang andal dan menjadi pesaing serius distributor.

Menyikapi hal itu, perusahaan solusi distribusi yang telah berpengalaman belasan tahun di bidang Distribution Management System (DMS) PT Firmus Solusindo memperkenalkan YukKulak, sebuah platform untuk memudahkan para retailer belanja secara online.

Sedangkan bagi distributor, YukKulak merupakan solusi digital untuk memperkuat bisnis para distributor. Empowering distributor dilakukan dengan menyediakan private B2B e-commerce agar distributor dapat mengelola komunitas pelanggannya, mengoptimalkan sales operation dengan hybrid sales mode, dan memperluas customer base.

“Sebagai penyedia solusi distribution management system (DMS) yang sudah belasan tahun berkecimpung di industri, kami melihat persaingan bisnis distribusi semakin ketat. Apalagi sekarang para penyedia solusi e-commerce dan perusahaan startup, mulai merambah ke segmen pasar retail. Untuk itu, kami meluncurkan YukKulak untuk membantu para distributor dalam melakukan transformasi bisnis,” ujar Hadi Buntoro, Presiden Direktur PT Firmus Solusindo.

YukKulak adalah platform e-commerce B2B yang dikembangkan pada tahun 2020 untuk memudahkan retailer belanja online dengan fleksibel tanpa harus menunggu pelayanan distributor. Sistem ini adalah Closed Loop System, sehingga distributor dapat mengelola pelanggan di dalam jaringannya dengan mandiri (private). Produk yang ditawarkan dapat di-custom sesuai karakteristik retailer: best buy product, harga, promosi yang berbeda, dapat ditawarkan kepada retailer yang berbeda, tergantung pada target market yang dibidik.

Selain itu, sistem ini telah disiapkan untuk multi-principal. Relasi bisnis dengan retailer, loyalty program, dapat dikelola melalui point reward system yang telah ditanam pada sistem. Fitur Multi-Principal yang tertanam pada Closed Loop B2B mempermudah tim sales mengelola, memonitor dan mengevaluasi brand & product performance. Melalui Closed Loop B2B, distributor dapat mengelola pemesanan online dengan lebih cepat, tepat dan menerapkan loyalty program yang menarik. Dengan akurasi tinggi, para pembuat keputusan dapat menentukan langkah strategis penetrasi pasar retail lebih luas.

YukKulak akan mempercepat proses bisnis internal distributor, karena telah dilengkapi dengan back-end applications yang terintegrasi, dari supply chain management hingga financial accounting management. Tetapi, bila distributor telah memiliki back-end app sendiri, maka YukKulak dapat diintegrasikan ke dalam back-end app tersebut. Integrasi dapat dilakukan secara otomatis, M2M (machine to machine), semi-otomatis, dan manual, tergantung keterbukaan sistem di back-end app distributor. 

Selain itu, YukKulak mempermudah mendapatkan data secondary sales dengan lebih cepat, akurat dan dengan biaya yang efektif. Principal dapat segera mengevaluasi strategi bisnis yang sedang berjalan, menemukan langkah korektif yang diperlukan, dan dengan segera dapat membuat perencanaan bisnis yang lebih akurat, lebih cepat dan lebih baik, sesuai dengan dinamika pasar.

Ada beberapa manfaat dan keuntungan bagi distributor yang implementasi YukKulak, di antaranya pelanggan dapat mengirim order setiap saat, 24/7, fleksibel, mudah dan cepat. Berdasarkan pengalaman pelanggan: dua bulan setelah implementasi, 15%-20% sales order datang dari YukKulak.

Mengurangi biaya penjualan, perjalanan dan pengeluaran lainnya, yang mencapai 10% dari total biaya penjualan. Lalu, meningkatkan jangkauan operasional tim Hybrid Salesman. Meningkatkan loyalitas pelanggan melalui point rewards, realtime update tentang status order, pengiriman dan piutang pelanggan. Berikutnya katalog produk mudah diakses pelanggan serta sistem cerdas menawarkan produk pilihan. Meningkatkan proses bisnis internal, dan bisa diintegrasikan dengan sistem akunting. Mendukung analisis produk dan pelanggan untuk meningkatkan sales dan profit. Harga dan promosi dapat diatur sesuai pelanggan atau grup pelanggan. Adapun meningkatkan brand image perusahaan - membangun komunitas bisnis sendiri. 

Saat ini aplikasi YukKulak sudah bisa diunduh di Google Play. “Jadi, ada tiga keunggulan utama dari YukKulak ini, yaitu: pertama, ada private B2B untuk mengelola komunitas pelanggan. Kedua, mendukung kinerja salesman lebih efisien dan efektif melalui Hybrid Sales mode. Ketiga, powerfull untuk memperluas customer based,” Hadi mengakhiri.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)