Teknologi ERP SystemEver Jadi One Stop Solution Manufaktur di Indonesia

Untuk pertama kalinya dalam 17 bulan terakhir sejak penyebaran Covid-19 terjadi, Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur di Indonesia berhasil mencetak rekor tertinggi. Berdasarkan data yang dirilis oleh IHS Markit, PMI Manufaktur Indonesia pada April 2021 menyentuh level 54,6. Raihan ini naik signifikan dibanding bulan Maret yang berada di posisi 53,2, menjadikannya sebagai nilai PMI Indonesia tertinggi pada era kenormalan baru.

Dari segi kontribusi terhadap Product Domestic Bruto (PDB), torehan industri manufaktur juga cukup menggembirakan. Kementerian Perindustrian mencatat, kontribusi sektor manufaktur terhadap Product Domestic Bruto (PDB) sepanjang triwulan II tahun 2020 mencapai 19,87%. Angka ini berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja dan pemerataan ekonomi pada daerah-daerah industri.

Produktivitas manufaktur Indonesia dalam memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri maupun internasional terus menunjukkan tren positif. Hal itu kemudian berdampak pada bertambahnya permintaan baru dan meningkatnya pembelian di industri manufaktur pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya selama periode survei sepuluh tahun. Permintaan ekspor bahkan kembali tumbuh untuk pertama kalinya setelah 17 bulan mengalami penurunan.

Terjadinya ekspansi yang tajam pada bisnis baru mendorong perkembangan bisnis manufaktur yang begitu dinamis. Salah satu dampaknya adalah perusahaan manufaktur didorong untuk menaikkan volume produksi guna memenuhi arus pesanan yang masuk dalam waktu cepat.

Sayangnya, tidak sedikit pelaku industri manufaktur yang siap memenuhi kebetuhan tersebut. Apalagi selama masa pandemi, adaptasi bekerja dalam era kenormalan baru masih menjadi pekerjaan rumah yang sedini mungkin harus diatasi. Penerapan teknologi digital yang mengintegrasi dalam sistem manajemen menjadi salah satu solusi demi tuntutan kebutuhan pasar yang semakin kompetitif.

SystemEver, software ERP (Entreprise Resource Planning) berbasis cloud keluaran perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Younglimwon Softlab yang telah ada di Indonesia sejak 2017 ini berkomitmen menjadi bagian dari solusi perusahaan manufaktur berkembang pesat.

Hadir dalam beberapa seri softaware ERP, seri i7 yang sedang dIpersiapkan khusus untuk kebutuhan pelaku industri manufaktur diharapkan bisa menjadi solusi perusahaan dalam melakukan fungsi operasional manajemen seperti pengelolaan keuangan, pengadaan barang, produksi bahkan hingga proyek, pengelolaan SDM.

Kapan dan bagaimana perusahaan bisa menggunakan i7 (manufacturing-management), Representative SystemEver Indonesia, Charles Kwon mengatakan, software ERP Seri i7 dirancang untuk manufaktur yang sedang berkembang dan kesulitan dalam mengintegrasikan data dan sistem manajemen. Bagi manufaktur yang telah memiliki MPS (Master Production Scheduling) dan BOM (Bill of Material) ingin mengelola perusahaan menjadi efektif dan efisien, seri i7 juga sangat dianjurkan bisa digunakan. Sofware ERP seri i7 dapat membantu sekaligus untuk manfaktur yang ingin melakukan perencanaan produksi dan menerapkan rencana penjualan jangka panjang ataupun pendek.

Dengan kecanggihan cloud yang dimiliki, Systemever memudahkan karyawan dan pelaku bisnis dalam mengekspor data berdasarkan kebutuhan dengan lebih cepat dan efisien. Sistemnya yang terintegrasi, membantu pelaku bisnis untuk tetap produktif dari manapun dan kapanpun dengan akses data yang akurat, aman dan real time. Keputusan bisnis yang strategis pun dapat cepat dibuat dengan dukungan analisis data yang lengkap

Hadirnya Visual-K  Process Map yang khas dari SystemEver menjadi fitur yang paling diidamkan. Fitur ini menyuguhkan tampilan data secara keseluruhan dan konprehensif dalam satu layar dengan user interface yang mudah digunakan.

Keuangan perusahaan pun lebih rapi karena teknologi ERP dapat mengelola laporan keuangan perusahaan manufaktur, mulai dari sistem pengelolaan persediaan barang yang lengkap, mencatat transaksi pembelian dan penjualan, mencetak invoice bahkan sampai menghasilkan laporan dan grafik analisis keuangan perusahaan industri manufaktur itu sendiri.

“SystemEver adalah one page ERP. Hanya dengan satu software, beragam permasalahan yang biasa terjadi di perusahaan manufaktur dapat teratasi,”ungkap Charles.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)