Teknologi Lacak.io untuk Mempermudah Integrasi IoT Lintas Sektor

Tampilan Platform IoT Lacak.io

PT Lacak Cipta Aktual (Lacak.io), perusahaan startup IoT (Internet of Things) berbasis di Indonesia, mendukung Gerakan 100 Smart City  lewat teknologi IoT yang hemat biaya serta proses operasi yang mudah untuk berbagai sektor industri di Indonesia.

Kehadiran startup ini bertujuan mempercepat industri 4.0, dengan menyediakan aplikasi IoT yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam berbagai layanan, seperti penambangan, kependudukan, hingga keamanan pangan, dengan biaya yang efisien dan dengan proses operasi yang cepat.

Fariz Iskandar, Pendiri dan CEO Lacak.io, mengungkapkan,  IoT dan teknologi Industri 4.0 dihadirkan untuk meningkatkan produktivitas pekerjaan manusia, termasuk menyempurnakan berbagai layanan darurat yang responsif, hingga komunikasi yang mempermudah bisnis dan masyarakat.

Lacak.io memberikan solusi manajemen armada dan pelayanan lapangan yang dengan mudah dapat diaplikasikan ke berbagai sektor yang mengedepankan efisiensi transportasi dan sumber daya manusia, mulai dari pertambangan, pertanian, dan sektor publik.

Akses lahan ke daerah rural menjadi tantangan terpenting di sektor pertambangan. Masalah konektivitas serta peta penambangan yang tidak ter-update dapat mempengaruhi efektifitas operasi. Lewat Fleet Management System, Lacak.io membantu memetakan rute pengiriman yang optimal dengan bantuan sensor berkemampuan GPS dan pelacakan wilayah. Penggunaan bahan bakar dan beban juga dioptimalkan dengan fuel dan axle load sensors Lacak.io yang dapat mengirimkan informasi segera ke kantor pusat.

"Data yang dikumpulkan secara otomatis dikelola menggunakan Big Data, blockchain, dan teknologi cloud untuk memaksimalkan proses penjadwalan dan pemuatan. Tujuannya, agar tidak ada lagi antrean panjang truk tambang yang kelebihan muatan dan mengular di pelabuhan atau pabrik," ujar Fariz.

Solusi Field Service Management untuk maksimalkan proses layanan publik. Inisiatif dalam digitalisasi juga diterapkan dalam sektor-sektor publik dan pemerintahan, dengan memanfaatkan teknologi pintar Lacak.io untuk membantu menjadwalkan operasi transportasi publik, sekaligus memaksimalkan penggunaan bahan bakar.

"Kami menerapkan solusi Field Service Management (FSM) untuk mendorong akuntabilitas dan transparansi di pemerintahan, memastikan pegawai pemerintah daerah menanggapi keluhan warga dengan efisien, menyelesaikan perbaikan yang diperlukan, atau mengeskalasi masalah ke instansi terkait sesuai dengan kebutuhan," tambah Fariz.

Dengan solusi FSM, Lacak.io juga memvalidasi data menggunakan blockchain di sektor multifinance, sekalgus menghadirkan solusi on-premise kepada perusahaan, yang menjamin keamanan data konsumen. Solusi ini juga mampu mengurangi risiko kesalahan manusia dalam penginputan data, sekaligus membebaskan pekerja untuk melakukan upaya yang lebih produktif, termasuk dalam manajemen kasus.

Salah satu kontributor perekonomian terbesar di Indonesia ialah pertanian. Namun, dengan banyaknya tenaga kerja yang berkecimpung dalam sektor tersebut, tentunya sektor ini membutuhkan IoT untuk mampu meningkatkan efisiensi pertanian dan panen.

Didukung oleh big data, teknologi pertanian pintar Lacak.io meningkatkan produktivitas dengan mendigitalisasi proses pertanian, mulai dari pemupukan hingga waktu panen, sekaligus proses pemantauan tanaman dan hasil dengan menggunakan sensor khusus untuk mengukur cahaya, suhu, dan kelembapan udara serta tanah.

Dalam aktivitas pengiriman, Lacak.io memanfaatkan pelacakan kendaraan GPS untuk membantu petani mengelola armada dan memantau truk penyimpanan dingin. Hal ini untuk memastikan produk yang dibawa tetap segar setiap saat. "Lacak.io hadir untuk mendukung transformasi 4.0, dengan armada dan solusi field service management yang mempermudah pengaplikasian IoT, sekaligus mengefisiensi biaya dan memaksimalkan pemrosesan data yang penting dalam proses pengambilan keputusan perusahaan," ujar Fariz.

Startup ini didirikan sejak tahun 2016 dan telah membantu berbagai bidang bisnis di berbagai sektor lewat enterprise-ready IoT platform, dengan fokus pada pelacakan real time, solusi IoT, dan manajemen pekerja lapangan.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)