Teknologi Memerdekakan Konsumen Atur Jadwal Perjalanan

Melansir data dari Inventure (2017), seperti ditulis Yuswohady, pengamat pemasaran dalam ebook marketing outlook 2018, setidaknya 65.77% konsumen saat ini lebih memilih melakukan pemesanan lewat aplikasi.

Keberagaman pilihan transportasi dan akomodasi menjadikan aplikasi seperti Traveloka populer digunakan oleh konsumen saat ini. Ini menunjukkan betapa teknologi kini memudahkan konsumen dalam mengatur jadwal atau rencana perjalanan mereka hanya melalui genggaman.

Menurut Busyra Oriza ,Public Relations Manager Traveloka, bepergian atau traveling dapat memperkaya jiwa dan pengalaman. "Indonesia diberi karunia dengan kecantikan alam dan budayanya, tentu ini sayang jika tidak dimanfaatkan untuk berpetualang untuk memperkaya jiwa dan pengalaman," ujarnya (27/8/2018).

Dan teknologi membuat layanan pemesanan lebih mudah bagi masyarakat untuk menjangkau perjalanan nan menakjubkan itu. Lebih lanjut dia mengatakan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, kita dapat lebih bebas dalam merencanakan perjalanan dan menunjang gaya hidup. Segala kebutuhan dapat dengan mudah diakses hanya dalam genggaman.

"Teknologi memudahkan dalam menentukan transporasi dan akomodasi, budget,  serta rencana perjalanan atau itinerary," tuturnya. Transportasi dan akomodasi menjadi hal utama yang paling penting dalam bepergian.

Pilihan transportasi pun beragam, mulai dari pesawat, kereta api, maupun bus. Setelah menentukan transportasi, pengguna juga seringkali dihadapkan dengan pilihan akomodasi yang semakin bervariasi. Mulai dari hotel, homestay, guest house, vila, resort dan lain-lain. Kemudahan dan kebebasan menentukan transportasi dan akomodasi untuk bepergian semakin terasa dengan adanya teknologi dan hadirnya aplikasi penyedia jasa booking.

Anggaran merupakan sebuah elemen yang tidak dapat dipungkiri dalam merencanakan perjalanan. Setiap orang memiliki porsi anggaran yang berbeda untuk dapat mewujudkan rencana traveling-nya. Penentuan anggaran tentunya berdampak pada pilihan harga transportasi dan akomodasi.  Kapanpun dan kemanapun, tentunya masyarakat ingin pergi liburan dengan cara yang mudah dan anggaran yang murah.

Dijelaskan Busyra, untuk membantu traveler mengatur perjalanan tanpa khawatir dengan anggaran, konsumen dapat menggunakan fitur unggulan dari penyedia platform booking seperti Traveloka yang menyediakan fitur Price Alert, guna mendapatkan notifikasi instan saat harga tiket sesuai budget, sehingga konsumen dapat pesan penerbangan di waktu yang tepat. "Fitur ini bisa membantu konsumen mendapatkan tiket pesawat dengan harga termurah sesuai tanggal keberangkatan dan destinasi keinginan. Begitu Anda memasukkan batasan harga untuk sebuah penerbangan, Anda akan memperoleh pemberitahuan jika ada tiket pesawat dengan harga yang sesuai anggaran," tambahnya.

Sekarang masyarakat makin mudah merencanakan perjalanannya. Jika melihat kembali kepada waktu lima hingga 10 tahun lalu, di mana menentukan perjalanan belum semudah saat ini. Untuk mengatur perjalanan (membeli tiket transportasi dan akomodasi), masih menggunakan cara konvensional dan rencana perjalanan telah diatur oleh biro perjalanan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan pertumbuhan penggunaan smartphone yang pesat, pengguna semakin dimanjakan dengan adanya aplikasi yang memudahkan proses pemesanan tiket perjalanan bahkan hingga kebutuhan penunjang kehidupan sehari-hari.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)