Technology Trends

Telkomsel Bidik Peningkatan Pengguna MBanking 20% di 2019

Telkomsel Bidik Peningkatan Pengguna MBanking 20% di 2019

Pengguna mBanking terus bertumbuh setiap tahunnya seiring dengan penetrasi pengguna ponsel pintar di Indonesia. Sejak dikembangkan layanan mbanking 10 tahun lalu, Telkomsel terus meningkatkan kenyamanan dan keamanan penggunanya dengan melakukan berbagai pembaruan.

Telkomsel meluncurkan aplikasi mBanking terbaru di Hard Rock Cafe Pacific Place Jakarta. Dengan diluncurkannya aplikasi ini masyarakat yang memiliki account di bank berbeda dan pengguna mBanking, tidak perlu mengunduh beberapa aplikasi mBanking. Sebab, cukup mengunduh satu aplikasi mBanking yang dikembangkan Telkomsel ini bisa melayani semua transaksi dari bank berbeda.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, pelanggan diharapkan sudah memiliki layanan SMS Banking. Dan pelanggan yang belum aktif layanan SMS Banking, pelanggan dapat mendaftarkan nomor handphone Telkomsel di kantor cabang bank terdekat.

Vice President Digital Advertising and Banking Telkomsel,Harris Wijaya, mengungkapkan, dalam 10 tahun dikembangkan pengguna digital banking Telkomsel ada 18 juta pelanggan. “Layanan digital banking terus kami kembangkan, mulai dari berbasis SMS banking saja hingga kini melalui aplikasi mBanking,” terangnya. Dari jumlah tersebut sekitar 10 juta pengguna aktif. “Dengan pembaruan yang kami kembangkan di aplikasi mBanking ini diharapkan pada 2019 penggunanya tumbuh 20% dari angka pelanggan mobile banking Telkomsel, dengan peningkatan pengguna aktif setidaknya 10% dari angka pengguna aktif sekarang,” terangnya.

Lebih jauh ia berharap dengan pengembangan bisnis layanan digital banking, masyarakat makin mudah mengakses layanan perbankan dan mendorong berkembangnya lebih dari 80 lembaga keuangan baik lokal maupun nasional.

Aplikasi mBanking Telkomsel memiliki beberapa fitur antara lain: transaksi perbankan, transaksi merchant, promo program, sinkronasi data, dan pencari ATM terdekat. Transaksi perbankan menjadi mudah dengan mBanking Telkomsel, pelanggan cukup memilih menu yang ada pada aplikasi, kemudian akan di arahkan untuk bertransaksi.

Aplikasi ink juga memfasilitasi pelanggan dalam melakukan transaksi pembayaran dan pembelian produk-produk pada merchant yang sudah bekerja sama dengan bank seperti pembelian pulsa, pembayaran listrik. Juga, pembelian produk-produk merchant yang sudah bekerja sama dengan bank seperti pembelian pulsa dan pembayaran tagihan.

Fitur sinkronisasi memfasilitasi pelanggan untuk dapat mencadangkan dan memulihkan data (back up data) yang pelanggan miliki di dalam aplikasi ini ke server Telkomsel sehingga akan memudahkan pelanggan bila pelanggan memiliki data favorit dan kemudian berganti ponsel. Dengan menggunakan aplikasi ini, aktivitas penarikan tunai juga dipermudah dengan adanya fitur pencarian ATM terdekat yang terintergrasi dengan GPS smartphone.

Harris menyebut sudah lebih 15 bank yang terintegrasi di mBanking Telkomsel ini. Ia menjamin keamanan bertransaksi nasabah di mBanking Telkomsel ini meski ada banyak banki tergabung dalam satu aplikasi. “Nasabah yang ingin menggunakan aplikasi ini kan harus mendaftarkan dulu ke bank terkait SMS banking ya. Setiap transaksi akan ada notifikasi pin ke nomor ponsel yang didaftarkan. Sejauh ini SMS banking Telkomsel sudah diakui keamanannya dan sulit dibobol,” Harris meyakinkan.

Meski ada banyak bank dalam satu aplikasi, ia melanjutkan, data nasabah tetap ada server bank masing-masing. “Kemungkinan bocor sulit, kami menerapkan keamanan berlapis baik dari bank maupun Telkomsel sendiri,” tegasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved