Telkomsel Gelar The NextDev Summit 2019

Lima tahun Telkomsel membangun The NextDev, sebuah wujud kepedulian operator seluler terbesar di Indonesia ini pada pengembangan ide-ide usaha digital yang menberikan solusi pada masalah-masalah sosial dan ekonomi di Indonesia.

Menjelang akhir tahun ini Telkomsel mengadakan The NextDev Summit 2019, konferensi teknologi besat yang fokus dalam menghasilkan dampak sosial positif untuk memberikan inspirasi dan melahirkan ide-ide baru bagi kemajuan bangsa Indonesia. 

The NextDev Summit 2019 mengusung tema Spark the Change, menghubungkan para pemangku kepentingan dari berbagai latar belakang dan memfasilitasi kolaborasi antar berbagai pihak, demi mengakselerasikan ekonomi digital di Indonesia secara keseluruhan dan berkelanjutan. 

Menurut GM CSR Telkomsel, Tubagus Husniyullah ajang digelar dalam upaya menjadikan NextDev Hub sebuah pusat talenta digital yang akan melahirkan inovasi dan solusi terbaik untuk Indonesia. Ia meyakini, The NextDev Hub kelak akan menjadi Silicon Valley-nya Indonesia. “Melalui The NextDev, Telkomsel mendukung akselerasi semangat untuk memberikan perubahan yang berarti melalui kolaborasi dari para pemain-pemain kunci di berbagai bidang,” tandasnya.

The NextDev Summit 2019 akan diadakan pada 7 November 2019 di Assembly Hall - Jakarta Convention Center. Gelaran ini akan dihadiri 5000 partisilan yang merupakan para milenial dengan antusiasme tinggi terhadap startupdigital serta dampak sosial positif. Mereka akan mendapat insight-insight menarik dafi 105 pembicara yang merupakan para ahli dari industri teknologi dengan pengalaman mendalam.

Para peserta akan mendapatkan 50 sesi tatap muka yang terdiri dari workshop, diskusi panel, diskusi santai, dan sejumlah presentasi. Serta melihat dan bercakap langsung dengan 50 startup, binaan The NextDev yang kiprah paling menarik di Indonesia dalam menghadirkan dampak sosial positif bagi masyarakat.

Untuk bisa mengikuti The NextDev Summit 2019, peserta harus submit data di laman summit.thenextdevt.id, untuk mendapatkan tiket plus donasi sebesar Rp 74 ribu melalui LinkAja. Donasi akan disalurkan melalui KitaBisa dan BenihBaik. Konfirmasi pendaftaran dan QR code untuk discan saat hari H, akan terkirim melalui email. “Angka 5000 peserta itu sudah terdaftar di acara 7 November nanti, tapi peminatnya masih luar biasa,” ungkap Tubagus.

Tidak hanya memberikan berbagai sesi oleh para ahli dan startupteknologi, The NextDev Summit 2019 juga menghadirkan menghadirkan “The NextDev Experiences” yang menggabungkan berbagai pengalaman teknologi menjadi sebuah konferensi dengan ekosistem digital terpadu yang membuka banyak peluang bagi para tech-savvyuntuk berperan aktif dalam melahirkan ide-ide baru bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Pada The NextDev Conferebce, akan ada Technology Conference yang menghadirkan pembicara yang berkompeten dari berbagai bidang. Para pembicara tersebut meliputi Johnny G. Plate (Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia), Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan Republik Indonesia), Jeffrey Liu* (President of Huawei Southern Pacific Region), Simon Rogers (Google Newslab Innovation Lead dan Data Editor at Google), dan Wishnutama (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia)

Serta Social Impact Startup Showcase. Untuk memperkuat pengetahuan para hadirin terhadap kiprah startup-startupyang telah menghadirkan dampak sosial positif bagi masyarakat, terdapat NextDev Startup Booth yang diisi oleh 15 perusahaan rintisan lulusan The NextDev pilihan. Para pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan orang-orang di balik startuptersebut dalam mempelajari bagaimana mereka membuat solusi yang mampu melahirkan dampak sosial positif bagi masyarakat namun tetap memberikan keberlangsungan bisnis yang baik untuk terus tumbuh. Berikut daftar startup-startuptersebut: Habibi Garden, Vestifarm, Marlin Booking, Gandeng Tangan (platform pendanaan wirausaha sosial), Cakap, Bizhare, dan sebagainya. 

The NextDev Summit juga menghadirkan lebih dari 25 sesi kelas yang menghadirkan lebih dari 100 narasumber terkemuka dan kompeten di bidangnya masing-masing. Berikut beberapa di antaranya: William Tanuwijaya (CEO & Founder Tokopedia), Ernest Prakasa (Comedian & Filmmaker), Yoris Sebastian (Founder of Inspigo) dan lain-lain. 

Tidak hanya menjadi konferensi teknologi terpadu, The NextDev Summit 2019 juga menjadi ajang puncak dari The NextDev Talent Scouting 2019, ajang pencarian startupberbakat yang Telkomsel selenggarakan di sembilan kota di seluruh Indonesia sepanjang tahun ini. Dalam acara ini, Telkomsel bersama dua juri lainnya, yakni Andy F. Noya (Founder Benih Baik) dan Semuel Abrijani Pangerapan* (Dirjen PPI Kominfo) akan menentukan startupterbaik dari The NextDev Talent Scouting 2019.

Selain itu, The NextDev Summit 2019 juga memberikan kesempatan bagi para startup-startuphasil tempaan The NextDev yang tergolong dalam The NextDev Startup Top 25. Mereka berkompetisi dengan mengikuti pitching bertajuk The NextDev Top 25 Final dengan juri Benny Fajarai (Co-Founder of Lifepal), Andi Kristianto (CEO Telkomsel Mitra Inovasi), dan Dennis Adhiswara (CEO Rombak Media).

Telkomsel pun turut memberikan kesempatan kepada startup-startupuntuk mengikuti sesi bersama para penanam modal terkemuka. Beberapa firma investasi yang berpartisipasi pada The NextDev Summit 2019 di antaranya adalah Grab Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi, Angin, Emtek, GDP Ventures, East Ventures, Metra Digital Inovasi, Fenox, Alpha JWC Ventures, dan Mountain Kejora.

Telkomsel menggandeng berbagai komunitas dari berbagai latar belakang untuk mengajak para peserta menjalin koneksi dan bertukar pikiran, mulai tentang teknologi terkini, tips dan trik pembuatan konten yang baik, hingga pengembangan diri. Komunitas-komunitas yang hadir dalam The NextDev Summit 2019 meliputi Indonesia Google Business Group, Women Will, GDG Cloud Jakarta, Indovidgram, PHPID Community, Startup Lokal, dan Young On Top.

Selain itu juga ada 5G Experience. Telkomsel bekerja sama dengan Huawei Technologies untuk menghadirkan pengalaman teknologi telekomunikasi digital 5G. Salah satu bentuk kegiatan terkait 5G yang menjadi highlight utama dalam The NextDev Summit 2019 adalah teknologi instant facial recognition yang mampu menganalisis dan mendeteksi fitur wajah pengguna dan menampilkan informasi yang tertuang sebelumnya di database.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)