Marketing Trends

Telkomsel Hadirkan 490 POI Selama RAFI 2023

Ramadan dan Idul Fitri 1444 H (RAFI 2023) ini bisa dibilang istimewa, karena untuk pertama kali sejak pandemi Covid-19, hari istimewa umat Islam ini dirayakan setelah pemerintah mencabut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia. Kementerian Perhubungan RI telah memperkirakan pergerakan masyarakat selama Lebaran 2023 mencapai 123,8 juta orang atau tumbuh 14,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Maka itu Telkomsel dalam upaya melayani melampaui ekspektasi pelanggan menggelar beberapa program dan melakukan persiapan. Langkah-langkah ini berupa pengamanan kapasitas dan kualitas jaringan mobile broadbandandal berteknologi terdepan, menjamin ketersediaan produk, layanan, dan platform digital unggulan, program loyalitas pelanggan, hingga aktivitas berbagi kebaikan dengan sesama melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Telkomsel memproyeksikan akan ada pergerakan yang cukup signifikan terhadap trafik komunikasi pelanggan selama RAFI 2023. Hal ini disampaikan Senior VP Consumer Sales Operation Telkomsel Gilang Prasetya, trafik layanan data/ broadband, diperkirakan melonjak hingga 11,2 persen dibandingkan hari biasa.

“Proyeksi tersebut berdasarkan data yang kami kunpulkan bertahun-tahun sebelumnya, dari 2021 dan 2022 bahkan sebelum pandemi,” imbuh Gilang di Cirebon, Jawa Barat (28/03/2023).

Lebih rinci dijelaskan aktivitas digital masyarakat selama RAFI 2023 untuk akses layanan media sosial melonjak hingga 6,2 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) sekira 20 persen, layanan streaming video tumbuh 15,6 persen, layanan mobile gaming naik 32,4 persen, akses browsing melonjak 2,4 persen, dan akses layanan e-commerce meningkat 7 persen. Sedangkan untuk trafik layanan panggilan suara (voice call) diproyeksi akan mengalami penurunan sebesar 8,5 persen.

Menariknya, VP Global Network Operations Telkomsel, Galumbang Pasaribu mengungmapkan bahwa meski pemanfaatan digital meningkat tercermin dari trafik data naik 11,2 persen, trafik SMS tetap meningkat sebesar 7,6 persen. “Saat Ramadan dan Idul Fitri, masyarakat masih ada yang saling berkirim pesan ucapan,” kata Galumbang.

Guna mengantisipasi pergerakan trafik selama momen RAFI 2023 ini, keseluruhan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel telah difokuskan pada 490 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia. POI tersebut mencakup 59 area residensial, 68 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan), 315 area spesial (pusat pelayanan publik, alun-alun kota, dan pusat perbelanjaan), 28 area jalur mudik utama, serta 20 masjid raya.

Serangkaian uji jaringan di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 17.895 Kmjuga telah dilakukan Telkomsel guna memastikan pengamanan kualitas dan ketersediaan jaringan, termasuk yang menjangkau 2.725 ruas akses tol utama di seluruh Indonesia.

Penguatan kapabilitas infrastruktur jaringan juga telah dilakukan melalui peningkatan kapasitas 277 unit BTS 4G/LTE, penambahan 221 unit BTS 4G/LTE baru, serta mengoperasikan tambahan 53 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), melengkapi lebih dari 260.000 unit BTS Telkomsel yangmelayani 96 persen wilayah populasi di Indonesiadan hampir seluruhnya telah didukung teknologi broadband 4G/LTE.

Upaya lain yang telah dipersiapkan Telkomsel yakni dengan menambah kapasitas jaringan untuk GGSN(Gateway GPRS Support Node) sehingga total menjadi 11.772 Gbps. Sedangkan untuk Internet, terdapat penambahan kapasitas sehingga total menjadi 12.590 Gbps. Untuk kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE, jaringan teknologi VoLTE (Voice over LTE)Telkomsel telah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia yang dapat digunakan pada lebih dari 100 tipe smartphone.

Dalam upaya mendampingi pelanggan pada momen RAFI 2023, Telkomsel menghadirkan beragam promo produk dan layanan gaya hidup digital terkini yang customer centric. Beragam promo khusus tersebut meliputi paket kuota ketengan nonton untuk Platform MAXstream, paket bundling berlangganan platformaudio streaming Langit Musik, dan promo gim online pilihan.

Juga ada flash sale promo Special Ramadan dari Platform Dunia Games, bundling fitur gim melalui Paket GamesMAX yang berkolaborasidengan aplikasi gim onlineMobile Legend Bang Bang dan Pokemon Go, serta paket bundlingGameqoo dan langganan platform video streamingDisney+ Hotstar. Telkomsel juga akan menggelar kompetisi gim online Dunia Games Waktu Indonesia Bermain (DG WIB) yang akan berlangsung selama Ramadan.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap kesetiaan pelanggan, Program Mudik Bareng Telkomsel 2023 kembali digelar, kali ini dihadirkan untuk pelanggan setia Telkomsel yang berasal dari para pekerja sektor informal, seperti pengemudi ojek online, pekerja kebersihan, dan para pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM), dengan tujuan mudik ke 9 kota menggunakan pilihan moda transportasi kapal laut dan bus.

Pelanggan dapat mengikuti Program Mudik Bareng Telkomsel 2023dengan melakukan penukaran Telkomsel Poin melalui Aplikasi MyTelkomsel. Selain itu, ragam program penukaran Telkomsel Poin serta berbagaipenawaran promo paket kuota data menarik tetapakan hadir menemani keseruan pelanggan menjalankan momen RAFI 2023.

Telkomsel memastikan seluruh kanal layanan pelanggan selama RAFI 2023, mulai dari layanan call center 188, layanan online akun resmi asisten virtual di berbagai platforminstant messagingterkemuka, serta GraPARI Online siap beroperasi 24 jam melayani kebutuhan pelanggan. Telkomsel telahmenyiagakan 376 GraPARI berkolaborasi dengan lebih dari 400 ribu mitra outlet di seluruh Indonesia, serta menghadirkan layanan Posko Telkomsel Siaga yang tersedia di sejumlah titik keramaian dan area transit transportasi mudik untuk melayani kebutuhan pelanggan secara offline(walk-in).

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved