Telkomsel Targetkan Pertumbuhan Pengguna Mobile Banking 11%

Layanan B2B Telkomsel terus dikembangkan, salah satunya mobile banking. Berawal dari layanan SMS banking, Telkomsel kini sedang  mengembangkan menjadi aplikasi mobile banking.

Menurut Harris Wijaya, VP Mobile Banking and Digital Advertising Telkomsel, pertumbuhan transaksi layanan SMS banking di jaringan Telkomsel meningkat 11% sepanjang 2017.   Beberapa transaksi SMS banking yang paling sering dilakukan pelanggan Telkomsel adalah cek informasi saldo, transfer dana, dan notifikasi mutasi rekening.

“Layanan SMS banking sudah ada sejak 2002, terus kami kembangkan sesuai perkembangan perbankan sendiri. Tahun ini kami sedang mengembangkan lagi menjadi aplikasi mobile banking Telkomsel, jadi seluruh bank yang menjadi klien kami ada di sana,” ujarnya.

Ia menuturkan, layanan SMS banking masih menjadi favorit pelanggan dalam melakukan berbagai transaksi perbankan secara mobile, karena menyediakan keunggulan dalam hal reliabilitas. Nasabah bank hanya perlu melakukan aktivasi layanan di kantor cabang bank untuk selanjutnya menikmati kemudahan bertransaksi melalui ponselnya kapan pun dan di mana pun.

“SMS Banking itu lebih mudah. Ponsel feature juga bisa, tidak harus smartphone, juga tidak menggunakan akses layanan data. Mereka yang transaksinya tinggi di mobile banking kebanyakan adalah yang berusia di atas 40 tahun. Mereka bukan millenial, jadi sebenarnya mereka lebih suka dengan SMS banking,” terangnya. Itulah sebabnya pertumbuhan SMS banking Telkomsel bisa tetap double digit di tengah pendapatan industri telko dari SMS terus menurun.

SMS banking mengubah perilaku transaksi pelanggan dari yang biasanya mengunjungi langsung bank atau automatic teller machine (ATM) menjadi akses layanan di ponsel. Seiring tingginya kebutuhan untuk mengakses layanan perbankan dari ponsel, Telkomsel mengembangkan layanan melalui menu akses *141#. Melalui layanan tersebut, pelanggan menjadi lebih mudah dan lebih cepat dalam bertransaksi melalui petunjuk yang hadir dalam bentuk menu.

Aplikasi mobile banking yang sedang dikembangkan dan direncanakan meluncur kuartal keempat tahun ini diyakinkan Harris akan jauh memudahkan nasabah perbankan dalam bertransaksi lewat ponsel. “Basisnya tetap SMS banking hanya saja dikemas seperti aplikasi jadi lebih mudahkan,” tuturnya.

Tahun 2018 tercatat telah 12 juta pelanggan seluruh Indonesia telah menikmati layanan mobile banking Telkomsel dengan 8 juta pengguna aktif setiap bulannya. Harris menyebut sudah ada 74 mitra bank dari 116 bank yang ada di Indonesia. Ia menargetkan pertumbuhan pengguna mobile banking 11%  tahun ini.

Untuk mencapai target tersebut Telkomsel mengadakan program Racing Weekend Banking. Jadi khusus pelanggan Telkomsel baik itu KartuHalo, Kartu As, dan Loop, yang menggunakan layanan SMS banking  pada Sabtu-Minggu dan hari libur nasional berhak mendapat poin yang nantinya akan diundi untuk mendapat grand prize paket wisata ke Eropa untuk 10 pelanggan, dua sepeda motor dan sebagainya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)