Technology Trends

Tencent Ramaikan Industri Streaming E-sport Tanah Air

Tencent Ramaikan Industri Streaming E-sport Tanah Air

Menukil data The Business Research Company, nilai global untuk pasar e-sport sebesar US$2,98miliar pada tahun 2025, dengan CAGR sebesar 23%. Angka fantastis tersebut sejalan dengan penelitian yang dilakukan Asosiasi Gaming Indonesia yang menunjukkan pertumbuhan 37% untuk pasar e-sport lokal. Hal itu menunjukkan pesatnya pertumbuhan sektor game dan sektor e-sports di Indonesia.

Melihat peluang itu, GOX, platform streaming game di Indonesia, berkolaborasi dengan Tencent Cloud untuk menghadirkan livestreaming e-sport di Indonesia dan Asia. Kolaborasi yang baru saja ditandatangani (10/01/2021) itu berjangka waktu 4 tahun. Selama masa tersebut, kedua pihak akan membangun ekosistem eSports & pengiriman konten lokal.

“Ketika COVID-19 melanda pada awal 2020, pengguna aktif GOX telah berkembang lebih dari 16x diuntungkan dari adanya pembatasan sosial, karena semakin banyak orang mulai berkegiatan secara online,” kata Jack Lontoh, Pendiri GOX. Di masa pandemi, platform juga fokus untuk menjadikan streaming game sebagai profesi yang memadai.

Jack menambahkan, dalam kolaborasi dengan Tecent Cloud pihaknya akan memanfaatkan layanan streaming Tencent Cloud untuk jutaan penonton di Indonesia dan Asia. Sementara itu, Poshu Yeung, Senior Vice President Tencent Cloud International, berharap dapat memberdayakan bisnis hiburan lokal, khususnya di bidang e-sports dan streaming game. “Kami berkomitmen untuk berkontribusi dalam menawarkan layanan teknologi tinggi,” kata dia.

Ke depan, GOX akan membuat platform lebih interaktif dan juga melakukan kolaborasi sumber daya untuk meningkatkan layanan streamingnya di pasaran.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved