Terobosan TWIM Polypropylene di Industri Kontainer Makanan

Kontainer makanan sekali pakai memiliki aspek kebersihan dan keberlanjutan yang masih diragukan. Masyarakat lebih menyukai wadah makanan yang bisa digunakan jangka panjang, selain lebih higieinis, aman, juga tidak memunculkan sampah plastik.

Menangkap peluang pasar seperti itu, kontainer makanan Thin Wall Injection Molded (TWIM) polypropylene memakai Trilene(R) HI50TN buatan PT Chandra Asri yang menawarkan solusi pengemasan makanan ramah lingkungan untuk industri di Indonesia.

“Kontainer TWIM polypropylene aman digunakan di lemari es dan microwave. Jadi, bisa jadi solusi penyimpanan makanan yang efektif serta dapat dipakai kembali untuk menjaga kebersihan dan kesegaran makanan dalam waktu yang lebih lama,” ujar Edi Rivai, Vice President Corporate Relations and Sustainability PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. mengklaim. Juga, mendapat izin BPOM dan memenuhi standar halal, formula baru ini berpotensi menjadi terobosan dalam pasar pengemasan dan pembungkusan makanan nasional.

Awalnya, kontainer ini dikenalkan saat membagikan daging sapi/kambing kurban pada Hari Raya Idul Adha pada Juli 2020. Kami ingin menginspirasi berbagai orang dengan manfaat material yang ramah lingkungan, yakni berbobot ringan dan memiliki harga yang terjangkau, sehingga mereka memakainya untuk menyimpan makanan sehari-hari, mengirim makanan, dan acara-acara lain dalam beberapa tahun mendatang," kata Edi.

Menurut Statista, pendapatan sektor layanan antar makanan lewat internet diproyekskan bertambah hampir dua kali lipat dalam beberapa tahun ke depan. Menyasar pesatnya kebutuhan atas kemasan yang ramah lingkungan untuk pengiriman dan pembungkusan makanan, kontainer TWIM dirilis demi mengurangi penggunaan kemasan kertas yang dilapisi plastik dalam industri layanan antar makanan di Indonesia. Dengan beralih memakai kontainer TWIM polypropylene, kita mengurangi deforestasi secara drastis, yakni dengan menurunkan penggunaan kemasan sekali pakai yang terbuat dari kertas.

Trilene HI50TN dikembangkan dengan Hyperform (HPN) Performance Additives buatan Milliken yang digunakan dalam kontainer makanan TWIM polypropylene. Dengan tampilan yang lebih baik, HPN ini membuat konsumen dapat melihat dengan jelas kesegaran makanan yang dikemas, meningkatkan kepercayaan konsumen dengan menjamin kualitas makanan yang baik. HPN juga memberikan stabilitas dimensional untuk mengirimkan makanan tanpa kemasan yang tersobek (leak-proof); serta menghasilkan daya tahan yang lebih tinggi terhadap panas agar aman dipakai di microwave.

Edi menjelaskan, Hyperform HPN Performance Additives ikut mempercepat proses produksi kontainer TWIM di fasilitas pencetakan. Tersertifikasi UL, Hyperform HPN juga diklaim hemat energi dan menghasilkan sedikit jejak karbon.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)