Tiga Bank Indonesia Adopsi Layanan Pembayaran Lintas Negara

Konferensi pers bergabungnya BNI, BRI dan Bank Sinarmas dalam inisiatif pembayaran lintas negara, SWIFT gpi di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, (12/3). (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Sinarmas bergabung dalam penyedia sistem pembayaran lintas negara, Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT) global payments innovation.  Ketiga bank tersebut akan terintegrasi dengan lebih dari 145 bank di seluruh dunia yang memudahkan arus transaksi global.

SWIFT menghadirkan layanan pelacakan pembayaran secara real-time, transparansi biaya dan penyelesaian di hari yang sama. Dengan bergabungnya ketiga bank tersebut, Indonesia menyusul Thailand dan Singapura yang telah terlebih dahulu mengadopsi layanan ini. Ada 150 lembaga keuangan lebih di seluruh dunia yang telah mengadopsi sistem ini dan terlibat dalam ratusan ribu pembayaran. Angka ini mewakili hampir 10% arus pembayaran lintas negara  SWIFT yang dikirim setiap harinya melintasi 220 koridor pembayaran internasional. Secara keseluruhan, hampir 50% pembayaran SWIFT masuk ke rekening para penerima dana dalam waktu 30 menit

Sharon Toh, Head of ASEAN Region SWIFT, memaparkan, "Sebagai bank-bank pertama di Indonesia yang bergabung dengan SWIFT,  Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia dan Bank Sinarmas memastikan komitmen mereka untuk mendukung kebutuhan klien mereka yang terus berkembang,” ujarnya.

Terlebih Indonesia-Singapura merupakan koridor pembayaran lintas batas terbesar di kawasan ASEAN. “Kami memperkirakan bahwa SWIFT  akan sangat mendukung pertumbuhan perusahaan-perusahaan di Indonesia dan memberikan efisiensi lebih lanjut kepada mereka karena transaksi pembayarannya dapat diproses hanya dalam hitungan menit, dan bukan hari,” tambah Sharon.

Adapun menurut Henry Panjaitan, General Manager of International Division BNI, “Pemberitahuan informasi dan biaya yang lebih cepat dan transparan, serta data pengiriman uang yang dapat dilacak dan ditampilkan secara menyeluruh merupakan keunggulan lebih dari SWIFT yang akan dibagikan oleh BNI kepada para pelanggan guna meningkatkan tingkat layanan kami.”

Hexana Tri Sasongko, SEVP Treasury & Global Services, BRI mengungkapkan, dengan menerapkan SWIFT, pihaknya  yakin mampu memberikan pengalaman pembayaran terbaru bagi para pelanggan

Sementara Fera Febriani, Group Head of Bank Sinarmas menambahkan, “Melalui SWIF, kami menghadirkan pengalaman pelayanan terbaik bagi semua pelanggan yang memungkinkan mereka untuk melakukan pembayaran lintas batas secara real-time, andal dan transparan.”

SWIFT melibatkan industri perbankan global dan komunitas fintech untuk berinovasi dalam bidang pembayaran lintas negara sekaligus mengurangi biaya back office mereka. Sejak diluncurkan pada Januari 2017 lalu, telah secara signifikan meningkatan pengalaman pembayaran lintas batas bagi perusahaan-perusahaan di lebih dari 200 koridor negara. Fitur-fitur utama layanan  ini mencakup peningkatan peraturan bisnis dan basis data pelacakan yang aman pada cloud yang dapat diakses melalui API.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)