Tiga Institusi Ini Inisiasi Kota Cerdas Hadapi Pandemi

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Telkom University dan Cisco setuju untuk berkolaborasi dalam inisiatif Kota Cerdas. Salah satunya mendukung Ketahanan Pelayan Publik dalam menghadapi COVID-19 di Provinsi Jawa Barat.

Program yang diumumkan hari ini merupakan bagian dari program global Country Digital Acceleration (CDA) Cisco. Tim CDA Cisco bekerja sama dengan pemerintah nasional dan daerah di seluruh dunia untuk mempercepat agenda digitalisasi nasional dan memberikan manfaat kepada masyarakat secara lebih cepat dan efektif. Indonesia adalah negara pertama di ASEAN yang turut serta dalam program global ini pada 2018.

Program CDA di Indonesia berfokus pada lima bidang: pemerintahan digital, industri digital, BUMN digital, keamanan siber dan pemerataan digitalisasi. Jawa Barat sebagai salah satu provinsi terbesar telah memutuskan untuk mengambil fokus program pada digitalisasi pemerintahan. Kerja sama ini terjalin di saat penting dimana seluruh pemangku kepentingan diberbagai sektor sedang mencari solusi dalam menghadapi tantangan pandemi COVID-19.

Marina Kacaribu, Managing Director Cisco Indonesia, mengatakan, inovasi dan adopsi digital telah muncul sebagai pilar utama pertumbuhan Indonesia. Selama beberapa tahun terakhir, teknologi digital telah mengubah kehidupan kita dan mendorong pertumbuhan sosial-ekonomi. Bersamaan dengan laju inovasi teknologi, transformasi digital akan memainkan peranan makin penting di tahun-tahun mendatang.

Saat ini ketika Gugus Tugas Percepatan Penangangan COVID-19 Provinsi Jawa Barat berkolaborasi secara intens dengan Gugus Tugas Nasional, teknologi Cisco dapat memberikan sarana kolaborasi dan komunikasi yang aman dan handal melalui konferensi video, menjalankan aplikasi penting seperti pengujian dan pelacakan memungkinkan pemerintah untuk tetap menjalankan fungsi pelayanan publik yang penting dengan dukungan berupa kemampuan bekerja dari rumah secara aman dan handal untuk para staf pemerintahan.

Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan kolaborasi antara Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Telkom University, dan Cisco merupakan salah satu langkah penting yang dilakukan untuk mendukung infrastruktur Teknologi Informasi terutama dalam penanganan pandemi COVID-19.

Menurut Ridwan, di masa genting penanganan COVID-19, dukungan platform teknologi informasi dan komunikasi yang matang dapat menunjang efisiensi, kecepatan penyampaian informasi, keterjangkauan, dan transparansi pada layanan-layanan publik Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. Cisco akan mendukung Telkom University dengan teknologi dan solusi di bidang kolaborasi, komunikasi, jaringan, pusat data dan keamanan siber, yang dapat digunakan untuk penelitian dan pengembangan lebih lanjut.

Sementara itu Prof. Dr. Adiwijaya, Rektor Telkom University, mengatakan, kemampuan untuk mendorong dan menciptakan berbagai inovasi sangatlah penting dalam mewujudkan visi digitalisasi ekonomi
Indonesia. Seluruh pemangku kepentingan seperti institusi pendidikan, pemerintah dan sektor swasta, perlu bersinergi bersama.

"

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)